by

Zero Survei Berhasil Ambil 82 Sampel Darah

KUPANG, Terasntt.com — Zero survei dan pengambilan sampel darah bagi ASN di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang berjalan lancar. Kegiatan tersebut berhasil mengumpulkan 82 sampel, Selasa (2/5/2017).

Demikian disampaikan Kepala Bidang Penanggulanagan dan pengamatan Penyakit Dinas Kota Kupang, Sri Wahyuningsi kepada Wartawan, Kamis, (4/5/2017).

Sri mengatakann, kelompok kerja HIV/AIDS yang tergabung dalam tim Kesehatan dari Dinas Kesehatan Kota Kupang berhasil mengambil sampel darah 82 Apartur Negara Sipil (ASN).

“ Dalam zero survei dan pengambilan sampel darah bagi ASN berhasil mengambil sampel darah sebanyak 82,” katanya.

Menurutnya, sesuai target zero survei dan pengambilan sampel darah yang dilakukan kelompok kerja HIV/AIDS dari tim Dinas Kesehatan Kota Kupang, meliputi, Puskemas, VCT dan KPA Kota Kupang serta LSM Yayasan Tanpa Batas (YTB) sebanyak 250 sampel.

Dari Target tersebut, lanjut Sri, diharapkan bisa mencapai 150 sampel dari ASN . Kegiatan ini baru dilakukan dikalangan ASN di lingkup Pemkot Kupang yang berjumlah 80 orang.

Untuk itu memenuhi target tersebut, lanjutnya Jumat (5/4/2017) akan melakukan ulang pengambilan sampel darah dari ASN, dan juga pekerja seks komersial dan para pekerja di tempat hiburan malam dan tempat hiburan lainnya guna dapat memenubi target dimaksud.

“ Pengambilan sampel darah bagi ASN bukan paksaan tapi secara sukarela. Bagi ASN yang mau melakukan tes darah  untuk bisa diketahui apakah terinvekai atau tidak,” tegasnya.

Ia menambahkan, pelaksanaan zero survei dan pengambilan sampel darah ini baru dilakulan oleh Dinas, dan nantinnya pihak KPA juga akan melakukannya.

“Zero survei dan pengambilan sampel darah yang dilalukan Dinkes ini awalnya dilakukan di kalangan ASN, karena sesuai data dari tahun 2000 – 2016  hasil zero survei terdapat  seribu 15 kasus HIV/ AIDS, 11 persennya adalah ASN.

“ Sebanyak 11 persen ASN tidak diketahui mereka ASN dari instansi mana, tapi mereka adalah ASN di Kota Kupang,” ujarnya. (raf)

Comment

Berita Terbaru