oleh

Warga Raknamo Nikmati Air Bersih, Setelah HUT RI ke 70

OELAMASI, Terasntt.com — Warga Desa Raknamo, Kecamatan Amabi Oefeto, Kabupaten Kupang baru menikmati air bersih setelah HUT RI ke 70. Jaringan air bersih tersebut merupakan bantuan TNI AD untuk mengatasi masalah kekeringan dan pemenuhan air bersih bagi masyarakat.
Hal ini diketahu ketika Danrem 161 Wira Sakti, Brigjen TNI, Heri Wiranto bersama Dandim 1604 Kupang, Letkol. Inf Subar, S.Pd, tokoh masyarakat setempat, Jefri Anselmus Djogo dan anggota DPRD Kabupaten Kupang, Daud Ulu serta Kades Raknamo, Otniel Blegus memantau jaringan air bersih tersebut, Sabtu (29/8/2015).
Kepada Terasntt, Wiranto mengatakan, hingga saat bahwa TNI AD sudah membantu 48 pompa hidrolik di beberapa daerah termasuk di Desa Raknamo.
” Pompa hidrolik ini sangat simpel dan tidak membutuhkan biaya besar. Satu unit harganya sekitar Rp 15 juta dan dalam waktu dekat akan kita tambahkan dua unit di wilayah Amfoang,” kata Wiranto. Menurut dia, bantuan tersebut merupakan kepedulian TNI, sekaligus mendekatkan pelayanan air bersih bagi masyarakat.
Pada kesempatan itu juga, Wiranto menyatakan siap menyumbangkan 25 zak semen untuk membangun bak penambung agar bisa didistribusikan pada beberapa titik pemukiman warga.
Daud Ulu mengatakan, bahwa hal tersebut menjadi catatan penting bagi Pemerintah Daerah dan DPRD agar mengedepankan persoalan krusial berupa air bersih di wilayah ini.
Dia berjanji akan memperjuangkan dalam perubahan anggaran 2015 agar bisa membangun bak penambung dan jaringan pada setiap titik pemukiman.
” Apa yang sudah dibangun TNI agar dirawat dan dipelihara dengan baik. Dan khusus di sumber air akan dikoordinasikan dengan komisi 3 DPRD Kabupaten Kupang untuk melengkapi kekurangan yang ada. Tolong dicatat, bahw, ini bukan proyek tetapi semata – mata kepedulian TNI AD untuk mengatasi air bersih di wilayah Raknamo,” tegasnya.
Sementara Anselmus Djogo,
berharap agar ada kepedulian pemerintah untuk membangun bak penampung dan juga tugu kran untuk didistribusikan kepada masyarakat.
Demikian juga dua warga setempat, Os Bira dan Michael Bira menyampaikan rasa terima kasih mereka kepada TNI AD yang telah menghadirkan air bersih di tengaha pemukiman untuk kebutuhan keluarga.
” Kami merindukan air bersih sejak dulu kala. Dan baru dua minggu ini kami baru menikmati air bersih bantuan TNI berupa pompa hidrolik yang dipasang pada sumber air yang berjarang 1 km lebih. Bantuan ini sangat bagus karena sebelumnya kami harus berjalan kali kurang lebih satu km untuk mengambil air dari kali,” katanya.(mas)

Komentar