by

Warga Perbatasan RI – RDTL Serahkan Senjata Api

KEFAMENANU, Terasntt.com — Kepala Desa Kepala Desa Humusu Wini, Kecamatan Insana Utara, Kabupaten Timor Tenga Utara (TTU), Primus Faz menyerahkan 6 pucuk senjata laras panjang bersama amunisi kepada TNI yang bertugas di Perbatasan RI – RDTL, Jumat (10/6/2016). Keenam pucuk senjata itu masing – masing, jenis musket Springfield, Mu FNC Kal 5,56 mm 54 butir, Mu Ak 47 Kal 8,3 mm 10 butir , Mu SMR Kal 7,7 mm 27 butir dan Mu Pistol Kal 4,5 mm 3 butir

Senjata api dan amunisi itu diserahkan secara sukarela oleh warga kepada pemerintah desa dan selanjutnya kepada TNI.

Danki 1 Satgas Pamtas RI – RDTL Yonarmed 11 Kostrad, Kapten Arm Hendriyana, mengatakan selain menjaga teritorial Indonesia di perbatasan Wini, ia dan anggotanya juga selalu mengantisipasi berbagai kemungkinan tindak kejahatan seperti terjadinya transaksi ilegal melalui jalur tikus.

“Kami dari pihak Satgas Pamtas RI – RDTL selain menjaga teritorial perbatasan RI – RDTL, juga menjaga kemungkinan adanya berbagai tindak kejahatan seperti transaksi ilegal lewat jalur – jalur tak resmi,” katanya.

Ia juga menambahkan, belum lama ini pihaknya telah berhasil menggagalkan berbagai perdagangan ilegal.

” Belum lama ini juga kami berhasil menggagalkan
perdagangan ilegal antar pulau melalui laut Wini. Ada minuman keras dan satwa langka. Dan semua kasus temuan kami tersebut sementara diproses sesuai aturan yang berlaku,” katanya.

Sementara Primus Faz, mengaku memperoleh semua senjata dari beberapa warga yang tak ingin disebutkan namanya. Dan selanjutnya ia menyerahkan kepada TNI.

Menurutnya, penyerahan senjata ini berawal dari sosialisasi dampak dari kepemilikan senjata api oleh TNI di pengaman perbatasan.

” Senjata – senjata ini dengan suka rela diserahkan oleh warga kepada saya. Kemudian saya menyerahkan ke bapak – bapak TNI yang bertugas di perbatasan. Penyerahan senjata ini merupakan bentuk kesadaran warga Desa Humusu C setelah mengikuti sosialisasi TNI tentang dampak kepemilikan senjata api. Faz.

Pengamanan senjata oleh Pos TNI Wini Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Yonarmed 11 Kostrad ini, merupakan hasil sosialisasi yang dilaksanakan selama hingga dapat memberikan kesadaran dan mneicipatak keamanan di wilayah perbatasan.(dit)

Comment

Berita Terbaru