oleh

Warga Maubeli Kesulitan Air Bersih

Kefamenanu, teras-ntt.com — Sejak 10 tahun terakhir masyarakat kelurahan Maubeli Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) kesulitan air. Untuk konsumsi rumah tangga warga membeli air seharga Rp 75.000 per tangki, sementara mencuci pakaian harus mencari air kali di sekitar perkampungan itu.

Maria Wendelina Fouk salah seorang warga setempat mengatakan, bahwa  hampir 10 tahun mereka kesulitan air bersih untuk kebutuhan rumah tangga. 

” Air untuk minum maupun memasak harus dibeli dengan harga 75.000 per tangki. Dan untuk cuci kami mencari kali di sekitar perkampungan setempat. Kami berharap pemerintah bisa mengatasi kondisi agar semua kebutuhan masyarakat akan Ari bersih terpenuhi,” katanya.

Pada tempat berbeda, Plt Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Yosefina Lake mengatakan, bahwa kekeringan yang terjadi di wilayah TTU sendiri sejak bulan April 2021.

” Memang beberapa waktu hujan, namun masyarakat masih mengalami kekeringan hingga saat ini,” ujarnya.

Menurutnya sesuai hasil Survei  Badan Penanggulangan Bencana Daerah sebanyak 187 dari 194 desa kelurahan di TTU mengalami kekeringan. Dan BPBD sendiri sudah menyiapkan dana penanggulangan bagi desa – desa yang mengalami kekeringan.(sn)

Komentar