Home Daerah Walikota Kupang Kukuhkan Formapes Dendeng

Walikota Kupang Kukuhkan Formapes Dendeng

766
0
SHARE
Foto : Riflan Hayon

KUPANG, Terasntt.com — Salah satu bentuk kecintaan masyarakat Kota Kupang terhadap masalah sungai (kali) Dendeng di wilayah Fontein melalui pembentukan forum masyarakat peduli sungai (Formapes). Forum ini dibentuk oleh Balai wilayah sungai Nusa Tenggara II bekerja sama dengan Pemerintah Kota Kupang dan masyarakat.

Forum tersebut secara resmi dikukuhkan oleh Walikota Kupang, Jonas Salean di Hotel Bella Vita Kupang, Sabtu (15/10/2016).

Jonas Salean meminta agar dengan terbentuknya Formapes tugas utamanya adalah menjaga, membantu pemerintah membangun tembok penahan pada bantaran sungai tersebut, agar saat hujan tiba tidak longsor dan masyarakat yang bermukim disekitarnya bisa nyaman.

“ Jangan sudah dikukuhkan lalu hilang. Karena sungai Dendeng ini adalah salah satu sumber air siap minum yang disuplai ke warga yang di wilayah Manutapen. Hingga saat masih banyak masyarakat belum mau lakukan pemasangan sambungan air itu,” katanya.

Untuk itu, ia menitipkan pesan, agar semua pengurus Formapes yang dikukuhkan agar dapat meperindah sungai tersebut,dan juga Balai Sungai kiranya membantu membina forum tersebut agar sungai ini menjadi lebih baik.

“ Ya kalau bisa jangan lagi perbanyak pengurus,namun pelaksanaan tidak nyata,tetapi dengan pengurus yang ada sedikit namun mampu berbuat nyata itu yang paling bagus. Sebab forum tentunya bertujuan untuk dapat mengelolah secara baik agar sungai baik dari hilir hingga hulu secara tepat guna dan berhasil dalam mningkatkan dan melestraikan serta menjaga sumber-sumber air demi kesejatheraan masyarakat kota,” katanya.

Jonas menambahkan, bahwa forum tersebut tidak hanya mengurus sungai Dendeng, tetapi mempunyai wilayah kerja yang luas, meliputi Kelurahan Air Nona, Nunleu, Fontein, LLBK, Airmata, Mantasi, Manutapen, yang mana wilayah tersebut berada di tiga kecamatan berbeda, Kecamatan Kota Raja, Kota Lama dan Alak.

Kepala Seksi Operasional dan Pemeliharaan, Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara II, Endiyo Raharjo mengatakan, dengan dikukuhkannya Formapes Dendeng adalah suatau harapan awal yang baik. Karena pengelolaan sumber daya air tentunya tidak bisa dikelolah oleh pemerintah secara sendiri, tetapi membutuhkan peran semua pihak

Untuk itu,kata Raharjo,Formapes Dendeng diharapkan dapat melaksanakan tugas dan fungsi secara baik malalui struktur yang telah dibentuk tersebut.

” Ya saya berharap muda-mudahan struktur yang telah dibentuk akan bisa bertambah besar guna mendorong lebih banyak orang untuk bisa memiliki kepedulian dalam pengelolaan sungai Dendeng. Karena dulunya sungai tersebut dilihat sangat bagus,namun sekarang sudah tidak baik lagi,” katanya.

Menurut Raharjo, saat ini makin meningkatkan pembangunan infratruktur dan juga telah masuknya PDAM dalam pemenuhan air baku bagi warga dengan muda, maka sungai yang dulunya jerni dan biasanya dipakai orang untuk air minum dan mandi kini sudah tidak terawat lagi, sudah dijadikan tempat pembuangan sampah.

” Sehingga melalui Formapes Dendeng ini kembali mengelolah sungai tersebut dan menciptakan sungai yang bersih, bebas dari sampah dan limbah,” katanya.(rif)

Berikan Komentar Anda.