oleh

Undana Kupang Wisudakan 1772 Mahasiswa/i Periode Kedua Tahun 2022

Kupang, teras-ntt.com– Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang menggelar wisuda periode kedua secara offline tahun 2022, Kamis (30/6/2022). Acara yang berlangsung di Gedung Graha Cendana Undana Kupang tersebut dibagi menjadi dua sesi masing-masing 886 orang. 

Sebanyak 1772 wisudawan/i masing-masing 43 lulusan Program Pasca Sarjana , 8 orang lulusan profesi dan 1721 lulusan Sarjana S1. 

Dalam sambutannya, Rektor Undana, Dr. Maxs U.E. Sanam, M.Sc  menyampaikan, bahwa Undana Kupang akhirnya dapat menggelar wisuda offline secara penuh setelah dua tahun sebelumnya hanya dapat melaksanakan kegiatan pelepasan wisudawan secara online karena situasi pandemi Covid 19.

“Pada akhirnya Undana Kupang bisa melaksanakan Wisuda secara offline secara penuh setelah  selama dua tahun sebelumnya hanya dapat melaksanakan kegiatan pelepasan wisudawan secara online karena situasi pandemi Covid 19,” ungkapnya. 

Rektor Maxs juga memberikan perhatian khusus terkait dengan isu kemiskinan karena saat ini Provinsi Nusa Tenggara Timur menempati urutan ke tiga provinsi termiskin di Indonesia. Ia pun menanyakan kontribusi apa dari wisudawan/i maupun semua orang dalam berperan melawan angka kemiskinan dan sunting di NTT.

Lebih lanjut, Rektor Maxs menjelaskan total wisuda, bahwa sebanyak 1721 orang adalah lulusan sarjana, 8 lulusan profesi dan 43 lulusan magister. Dari segi gender 708 laki-laki dan 1064 perempuan. 

Dari segi gender ini, kata Maxs, kaum perempuan lebih fokus untuk mengejar cita-citanya, hal ini menjadi cambuk bagi kaum laki-laki untuk fokus dan berjuang hingga mendapat prestasi.

“Tantangan besar akan dihadapi oleh wisudawan/i saat menerapkan ilmu dan pengetahuan di masyarakat dan dunia kerja. Saat ini dunia mengalami distrubsi atau perubahan yang ditimbulkan oleh revolusi industri 4.0 dan pandemi covid-19. Selain itu terdapat perubahan-perubahan terjadi pada sektor teknologi, ekonomi, politik dan sosial budaya serta termasuk sektor pendidikan. Sehingga wisudawan/i diharapkan untuk lebih kreatif dalam menerapkan ilmu maupun pengalaman yang diperoleh di masa pendidikan,”tandasnya. (en)

Komentar