oleh

UMP NTT 2022 Rp 1,9 Juta

Kupang, teras-ntt.com- Berdasarkan Usulan Dewan Pengupahan, Gubernur Nusa Tenggara Timur  Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL) telah menetapkan Upah Minimum Provinsi (UMP) NTT Tahun 2022 sebesar Rp 1,975.000. Hal tersebut ditetapkan lewat Surat Keputusan (SK) Gubernur Nomor 392/KEP/HK/2021 tanggal 19 November 2021. 

“Upah Minimum Provinsi Tahun 2022 adalah sebesar Rp.1.975.000.  Penetapan ini menjadi acuan bagi Pemerintah Kabupaten/Kota Se-NTT untuk tetapkan Upah Minimum Kabupaten/Kota dan mensosialisasikan kepada pihak terkait serta memonitoring pelaksanaannya,” kata Sekda Pemprov NTT, Polo Maing saat memberikan keterangan pers di kantor Gubernur NTT, Selasa (23/11/2021). 

Didampingi Kadis Koperasi, Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Provinsi NTT,  Sylvia Pekudjawang, Sekda menjelaskan, bahwa penetapan UMP tersebut dilakukan setelah mendengar usulan Dewan Pengupahan Provinsi NTT yang dibentuk melalui SK Gubernur pada bulan Juli 2021.  

” Dewan pengupahan ini terdiri dari unsur pemerintah, unsur pengusaha atau pemberi kerja dalam hal ini Apindo (Asosiasi Pengusaha Indonesia).Lalu dari unsur pekerja atau penerima kerja yang diwakili Serikat Pekerja Seluruh Indonesia, Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia. Kemudian dari unsur buruh, ada Serikat Buruh Seluruh Indonesia dan Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia. Tugas tim ini adalah menghitung UMP dan mengusulkan kepada Gubernur. Atas dasar usulan tersebut,  Gubernur tetapkan UMP,” tandasnya.

Komentar