Home Daerah Ulat Grayek & Kumbang Tanah Serang Ratusan Hektar Lahan Di TTS

Ulat Grayek & Kumbang Tanah Serang Ratusan Hektar Lahan Di TTS

181
0
SHARE

Kadis Pertanian TTS, Otniel Neonane (foto erik sanu)

Soe, teras-ntt.com — Dua jenis hama, Ulat Grayek dan Kumbang Tanah menyerang tanaman 160,5 dari 74 rib hektar tanaman masyarakat Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS). Ratusan hektar lahan yang terserang hama ini tersebar di lima kecamatan.

” Ke 160,5 hektat lahan tersebut masing – masing kecamatan Nunkolo 43 hektar, Kualian 25,65 hektar, Amanuban Timur 10 hektat, Amanuban Barat 30 hektar dan Amanuban Selatan 51,6 hektar,” kata Kadis Pertanian TTS Otnial Neonane di ruang kerjanya, Kamis (30/1/2020).

Menurutnya tanaman yang diserang hama adalah jagung sementara tanaman lain belum dan diharapkan tidak terjadi.

Serangan Ulat Grayek dan Kumbang Tanah sudah ada namun dinas sudah melakukan tindakan – tindakan pengendalian dengan mengidenfikasi serta pemberian obat kepada masyarakat.

” Jenis obat yang diberikan adalah Inseptisida, Eksoset, Sidometrin, Pouns dan Guratan 3G,” katanya.

Tim sudah memberikan obat dan mendampingi masyarakat menyemprot tanama itu dan masyarakat pemilik lahan diharapkan pro aktif, lanjutnya.

Neonane mengatakan, jika dilihat dari presentasi 160,5 hektar lahan tersebut, maka tahun ini bisa dikatakan serangan hama kecil namun tim sudah melakukan pengendalian sekaligus melaporkan kepada bupati selaku pimpinan di daerah.(sys)

Berikan Komentar Anda.