Home Humaniora UKS Jadi Penopang Kesehatan

UKS Jadi Penopang Kesehatan

693
0
SHARE
Foto : Rafael L. Pura

KUPANG, Terasntt.com — Salah satu program Pemerintah Kota Kupang, Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) berdampak positif. UKS ini menjadi salah satu penopang keseahatan di daerah.

” Pasalnya, dengan pola hidup sehat tetap diterapkan selama para sisiwa berada di bangku sekolah, baik langsung atau pun tidak, akan terwujud dalam kehidupan mereka terutama di lingkungan keluarga dan masyarakat,” kata Pelaksana tugas (plt), Walikota Kupang, Yohana Lisapally dalam sambutannya yang dibacakan staf Ahli bidang Politik dan Hukum, Otniel Pelo saat rapat koordinasi (Rakor) pemerintah deerah tentang Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) tingkat Kota Kupang di Balai Kota, Rabu  (14/12/2016).

” Sekalai lagi saya tekankan perlunya kesungguhan dari semua pihak terkait, terutama kalangan sekolah untuk melaksanakan program ini denga penuh rasa tanggung jawab,” lanjut Pello.

Menurutnya, salah satu cara untuk menumbuhkan pemahaman dan pegertian siswa tentang pentingnya kesehatan adalah melakukan sosialisasi tentang bahaya narkoba bagi generasi muda sehingga tidak terjadi penyalahgunaan narkoba dan obat-obatan terlarang termasuk minuman keras.

” Saya mengharapkan agar tim pembina UKS dapat melakukan pemeriksaan kesehatan siswa secara rutin dengan cara menjalin kerja sama dengan BNN Kota Kupang, Dinas Kesehatan dan aparat kepolisian, agar sekolah benar-benar bebas dari pengaruh buruk narkoba.

Menurut Pello, semua pihak harus memahami bahwa para siswa yang berada pada usia remaja atau dikena dengan istilah masa pancaroba, tentunya memiliki rasa ingin tahu yang tinggi terhadap berbagai hal baru termasuk kebiasaan – kebiasaan buruk seperti merokok,minuman keras, narkoba dan sat adiktif lainnya.

” Pengalaman membuktikan bahwa sekali mencoba, mereka tidak mampu lagi untuk keluar dari pengaruh buruk tersebut dan pada proses selanjutnya, mereka akan mengalami berbagai gangguan kesehatan baik secara fisik maupun mental dan perlahan – lahan namun pasti akan menggiring mereka pada kehancuran,” tegasnya.

Kendati demikian, Pello tetap optimis dengan berjalannya program UKS pada setiap sekolah akan memberikan nilai tambah yang besar terhadap pembangunan kesehatan masyarakat secara umum.

” Akhirnya, kepada instansi teknis, tim pembina UKS, para guru dan seluruh peserta, kiranya kesungguhan saudara -saudara dalam memberi masukan, usul, saran dan kritikan yang konstruktif akan menghasilkan keputusan yang strategis bagi suksesnya pelaksanaan program UKS di Kota Kupang,” ujarnya.(raf)

Berikan Komentar Anda.