Home Olahraga Turnamen Voli Meriahkan HUT Stasi St. Damianus Waitenepang

Turnamen Voli Meriahkan HUT Stasi St. Damianus Waitenepang

1076
0
SHARE
Foto : Thomas Ara

ADONARA, Terasntt.com — Dalam rangka memeriahkan HUT Stasi Pelindung St. Damianus Waitenepang, Adonara Barat, Kabupaten Flores Timur digelar berbagai rangkaian kegiatan. Turnamen Voli menjadi ivent utama dalam kegiatan tersebut dan resmi dibuka Pastor Paroki Santa Maria Goreti Waiwadan, Rm. Festo da Santo Pr, Rabu (19/7/2017).

Acara pembukaan ini diawali dengan pemukulan gong dilanjutkan dengan service bola perdana oleh Diakon Wilem Koten.

Sebelum pertandingan dimulai panitia bersama umat mengarak piala bergilir dari rumah adat Waitenepang menuju lapangan voli tepatnya di halaman Gereja St. Damianus yang disaksikan Camat Adonara Barat, Yohanes Djong, Babinkantibmas, Brigpol Syamsul Rizal Abubakar,Kepala Desa Waitukan Petrus Pude, Tokoh Adat, tokoh Lintas Agama, Tokoh Masyarakat, dan seluruh tamu dan umat lainya.

Sambutan Pastor Paroki yang dibacakan Diakon Wilem Koten mengatakan, bahwa kegiatan keagamaan ini harus betul- betul di jaga keutuhannya, keseimbangan, semangat cinta kasih dan persaudaran seturut Santu Damianus pelindung Stasi.
Ia juga menyampaikan terimakasih kepada panitia dan umat Stasi Waitenepang yang sudah berjuang sepenuhnya untuk menyukseskan kegiatan rutinan ini.

Selain itu Tokoh Adat waitenepang Frans Wolor dalam Ritual adat dan sapaannya dengan rendah hati menyampaikan termakasih kepada para tim yang berpartisipasi dalam kegiatan ini.
Dalam bahasa adat yang di sampaikan itu kiranya menjadi ilham yang baik demi menjaga keamanan dan ketertiban selama kegiatan berlangsung.

Ia juga menegaskan dengan pemukulan gong perdana ini maka seluruh rangkaian kegiatan telah resmi dibuka.

Sementara Camat Adonara Barat Yohanes Djong menyampaikan, apresiasi yang mendalam kepada panitia dan umat stasi Waitenepang.

“ Saya memberikan apresiasi yang tinggi kepada panitia yang menyelenggarakan kegiatan ini. Ini merupakan pesta St. Pelindung, nuansanya keagamaan namun kita harus pertahankan nilai yang ada , kita menjaga keutuhan, keselarasan bersama antar umat beragama walaupun kegiatan olahraga tapi patut kita mengakuinya karena olahraga bisa menyatukan kita semua, “ ujar Djong.

Harapanya kegiatan tersebut bukan di wilayah stasi itu saja tetapi gaungnya sudah meluas meliputi wilayah kecamatan lainya. Maka sebagai tuan rumah dan elemen masyarakat selalu berperan aktif menjaga keamanan selama kegiatan berjalan.

Ia pun merencanakan pada penutupan kegiatan dengan misa penutupan akan menghadirkan Pihak Pemda Flores Timur Bupati serta Jajaran DPRD.

Demikian juga Ketua Dewan Pastoral Stasi St. Damianus Waitenepang Lambertus Lelu Petun menyampaikan terimakasih kepada para tim yang sudah berpartisipasi mendukung kegiatan ini.

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada para tokoh, para undangan yang sudah hadir menyaksikan acara pembukaan HUT stasi melalui Turnamen Bola Voli Damianus Cup 2.

Sementara itu koordinator kegiatan, Thomas Ara Kian Boli dalam arahan singkatnya pada Opening Ceremony mengatakan, bahwa Perayaan Hut Stasi ini mengusung tema ”LOVE, UNITY AND GLORY” (Semangat Cinta, Persaudaraan, Kebhinekaan dan Perdamaian).

“ Event ini harus benar-benar menyatu dan menyapa kita, ia harus mengisi relung kehidupan kita relung cinta, relung kebhinekaan, dan relung perdamaian yang abadi. Disini ada terlahir miniatur baru dalam mempertahankan nilai kehidupan lamaholot yang kian terkikis globalisasi,“ kata Thomas Ara.

Untuk diketahui turnamen bola voli ini diikuti 30 Tim baik putra dan putri yang berasal dari beberapa stasi/ desa di Kecamatan Adonara Barat, Adonara Tengah serta stasi Dua Muda dan stasi Horinara Kecamatan Adonara Timur, Instansi Pendidikan, kecamatan, dan Puskesmas Waiwadan,serta Remaja Masjid Waiwadan dan Duwanur.

Menurut Thomas beberapa kegiatan lomba lain seperti FutZal antar SD dan SMP, Bola Kasti , Bola Kaki serta baca kitab suci, Pendarasan Mazmur dan Kuis Kitab suci dalam menyongsong Bulan Kita suci Nasional 2017.

Kegiatan ini juga didukung oleh Kopdit Swastisari, Para Tokoh, Pengusaha Lokal dan Donatur lainya.(thomas ara/ panitia)

Berikan Komentar Anda.