oleh

Tujuh Poktan Pemula Witihama Dikukuhkan

ADONARA, teras-ntt.com — Sebanyak tujuh kelompok tani (Poktan) pemula, Kecamatan Witihama, Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur resmi dikukuhkan Balai Penyuluhan Sinar Timur Witihama, Selasa (12/10/2021) Pukul 09.00 WITA. 

Kelompok tani tersebut masing-masing kelompok Holimulvana, Ola Tuen, Harapan Baru, Jaya Makmur Desa Watoone, Bunu Bao Desa Sandosi, Kelompok Tani Gempar Desa Weranggere, Gawi Nuho Desa Tobitika. 

Pengukuhan yang berlangsung di Balai Penyuluhan Sinar Timur, Desa Lewopulo Dusun Loga tersebut dalam rangka mensukseskan usaha pertanian di kecamatan setempat sekaligus penyusunan program penyuluhan pertanian sebagai pedoman dan tugas para penyuluh lapangan. 

Kepala Balai Penyuluhan Pertanian Sinar Timur Witihama Yohanes Nama Dalot, SP saat di konfirmasi teras-ntt.com mengatakan, bahwa ketujuh kelompok tani yang dikukuhkan tersebut merupakan kelompok tani pemula yang kedepannya menjadi kelompok tani yang dapat meningkatkan budidaya dan mampu mengelola sendiri hasil produksinya menuju terbentuknya koperasi tani. 

” Tujuh kelompok tani sebagai kelompok pemula yang dikukuhkan hari ini dengan program tahun 2022. Semoga kelompok tani ini bisa menjadi kelompok tani yang nantinya bisa meningkatkan budidaya ke tingkat produksi yang dapat dikelola sendiri menuju terbentuknya koperasi tani. Sedangkan kelompok tani  yang ada di Kecamatan Witihama yang tidak aktif lagi akan diganti keanggotaannya, agar kembali berjalan normal,” tandasnya.

Pada kesempatan yang sama Kabid Penyuluh Dinas Pertanian Flotim, Frengky Simbo menyampaikan harapannya agar kelompok tani yang dikukuhkan tersebut terus maju. 

“Harapannya, agar kelompok tani pemula yang dikukuhkan ini tetap eksis. Karena untuk naik ke tingkat selanjutnya harus punya penilaian sehingga dinamika kelompok harus jalan seperti adanya program kegiatan dan pelatihan di kelompok-kelompok,” ujarnya. 

Untuk itu, lanjut Frengky, kedepannya akan dibentuk korsa tani di Kecamatan Witihama dengan tujuan optimalisasi fungsi dan peran balai pertanian yakni,meningkatkan peran dan fungsi Balai Penyuluhan Pertanian, Balai Penyuluhan pertanian  sebagai pusat data dan informasi,  Balai Penyuluhan Pertanian  sebagai Pusat sumber  manusia dan Balai penyuluhan Pertanian sebagai pusat agrobisnis pertanian.

Sementara ketua kelompok tani Gempar Primus Lamahoda, menyampaikan terima kasih kepada Dinas Pertanian Kabupaten Flores Timur yang secara serius bekerja  memberikan pendampingan dalam mengurus kelompok-kelompok tani. 

” Kami mengucapkan terima kasih kepada Dinas Pertanian Kabupaten Flores Timur karena secara serius dan bekerja keras memberikan pendampingan dalam mengurus kelompok -kelompok tani yang ada di kabupaten Flotim khususnya di Kecamatan Witihama,” tandasnya.(glh)

Komentar