oleh

TPI Oeba Memprihatinkan, Tak Higienis

KUPANG, Terasntt.com — Tempat Pelekangan Ikan (TPI) di Pasar Oeba, Kota Kupang yang dibangun belasan tahun silam itu sangat memprihatinkan dan Higenitasnya diragukan. Dua gedung utama rusak total hingga penjual menjajahkan ikan di luar gedung, diantara sampah dan lumpur.
Pantauan Terasntt.com,Minggu (2/8/2013), kedua gedung TPI yang berbentuk huruf “L” itu tampak sepi. Puluhan sepeda motor milik penjual ikan dan pengunjung diparkir di tengah gedung diantara lapak. Beberapa penjual makanan ringan memanfaatkan kesempatan itu untuk menggelar dagangan mereka.
Sebagian keramik – keramik pada lapak tersebut sudah terbongkar hingga penjual terpaksa membangun tenda di luar untuk mengais rejeki. Bahkan sebagian besar membentang terpal dan berjualan di luar beratapkan langit.
Lokasi jualan tersebut sangat kotor dan berlumpur akibat kurang mendapat perhatian Pemerintah Daerah.
Jhoni Liu dan Ishak Manu saat ditemui di lokasi TPI, mengatakan keprihatinan mereka terhadap penjual ikan yang berjualan di luar gedung.
” Kasihan juga para penjual dan juga pembeli karena lokasi jual tidak layak. Kalau kedua gedung ini dimanfaatkan, maka lingkungan ini bisa terhindar dari sampah dan lumpur. Kami berharap ada perhatian Pemerintah untuk membenahi lokasi ini agar semua pihak merasa aman saat berkunjung,” tegas Manu.
Demikian juga, Liu mengatakan, bahwa TPI Oeba harus ditata lebih baik agar bisa meningkatkan penghasilan bagi nelayan dan juga penjual ikan.
” Kalau tidak salah tempat ini pernah dikunjungi Menteri Kelautan dan Perikanan. Harusnya itu menjadi bisa pintu masuk untuk mendapatkan dana pengembangan yang lebih baik,” tegasnya.(mas)

Komentar