by

TP PKK Kabupaten Kupang Gelar Jambore Posyandu

OELAMASI, Terasntt.com– Untuk meningkatkan kinerja Kader PKK/Kader Posyandu dalam memberikan pelayanan kesehatan dasar dan kegiatan 10 Program PKK di masyarakat dan kelompok dasawisma, Tim Penggerak PKK Kabupaten Kupang menggelar Jambore Kader PKK/Kader Posyandu.
Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari sejak 15 hingga 17 September di Hotel Cahaya Bapa Kupang itu diikuti para Kader PKK/Posyandu dari 24 Kecamatan se-kabupaten Kupang.
Bupati Kupang, Ayub Titu Eki dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Asisten I Setda Kabupaten Kupang, Rima Salean saat membuka kegiatan itu mengapreasiasi kerja keras TP PKK Kabupaten Kupang dalam menyelenggarakan kegiatan Jambore.
Menurutnya, kegiatan itu sangat bermanfaat dalam mewujudkan kemandirian masyarakat secara utuh demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Kader PKK dan Posyandu demikian Rima, memegang peranan penting dalam mewujudkan keluarga yang beriman, berahlak mulia, berbudi luhur dan sehat sejahtera maju dan mandiri.
Mantan Sekretaris DPRD Kabupaten Kupang ini mengatakan, kegiatan itu tidak hanya bentuk apresiasi atas kerja keras kader PKK dan Pasyandu dalam melayani masyarakat melainkan juga demi meningkatkan kapasitas kader PKK/Posyandu.
Dikatakannya, berdasar tema Jambore “Dengan Jambore Kader PKK dan Kader Posyandu Kita tingkatkan profesionalitas Kader untuk membangun keluarga yang Tangguh”, peserta diingatkannya agar mengikuti kegiatan itu dengan baik dan menjadi individu yang berkualitas demi meningkatkan pelayanan terbaik kepada keluarga dan masyarakat pada umumnya.
“Selepas Jambore ini anda diharapkan lebih bersemangat lagi dalam melayani masyarakat Kabupaten Kupang dimana anda berada. Berikan pelayanan terbaik di Posyandu, ditengah-tengah lingkungan saudara/i sekalian,” pesan Rima.
Sementara Ketua TPP PKK Kabupaten Kupang, Ny. Christina Titu Eki mengungkapkan, Kader PKK dan Posyandu memiliki peran penting dalam mensukseskan pelayanan kesehatan ditengah-tengah masyarakat dan fasilitas kesehatan dimana mereka berada.
Ia berharap, melalui kegiatan itu terpacu semangat kebersamaan dan kekeluargaan diantara para kader dan menjadi ajang dalam bertukar pengalaman bersama.
Selain itu, peserta juga diharapkannya agar kedepan, di wilayahnya masing-masing menjadi duta pelayanan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Kupang.
Ia mengakui, keberhasilan pembangunan bangsa sangat ditentukan oleh semua stekholder. Untuk itu, ia berharap agar semua pihak mulai dari Pemerintahan yang ada ditingkat SKPD, Kecamatan, Desa/Kelurahan dan pihak swasta/LSM dapat berkerjasama dan bertanggung jawab dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Sedangkan Ketua Panitia Jambore, Ny. Damaris Masneno dalam laporannya mengatakan, kegiatan Jambore Kader PKK dan Posyandu diikuti oleh 120 orang peserta dari 24 Kecamatan se-kabupaten Kupang.
Dalam Jambore itu tambahnya, akan dilaksanakan sejumlah kegiatan itu seperti pemaparan materi pemberdayaan Perempuan melalui Dana Desa, Penurunan angka kematian ibu dan anak, 10 Program PKK dan Dasawisma serta Materi Traficking. Selain itu dalam Jambore ini diselenggarakan kegiatan Lomba Wajib berupa Lomba Pidato, Penyuluhan UP2 K, Penyuluhan Travicking, pengisian dan penyuluhan angka Kematian ibu dan anak, Lomba yel-yel, bakiak dan pesan tanpa suara.(bet)

Comment

Berita Terbaru