Home Daerah TNI Peduli Pendidikan di Perbatasan RI – RDTL

TNI Peduli Pendidikan di Perbatasan RI – RDTL

758
0
SHARE
Foto : Yudith Taolin

KEFAMENANU, Terasntt.com — Satgas Pamtas RI – RDTL Yonif Raider 321/GT Kostrad yang bertugas di wilayah perbatasan Republik Indonesia – Timor Leste (RI-TL), selain sebagai pengaman prajurit pengaman perbatasan Negara, juga peduli terhadap pendidikan siswa – siswi di perbatasan.

Hal ini berlangsung di Desa Tes, Kecamatan Bikomi Utara, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Di SD Tes, para prajurit Yonif Raider 321/GT perbatasan RI – RDTL menyumbangkan tenaga dan pikirannya untuk membantu para guru mengajar.

Sesuai rencana pada minggu kedua setiap bulannya seluruh SD di wilayah tugas Pos Napan bawah secara bergilir akan mendapat pelajaran tambahan bela negara.

Komandan Satgas Pamtas RI – RDTL Yonif Raider 321 / GT Kostrad Sektor Barat, Letnan Kolonel Inf M. Ghoffar Ngismangil yang dikonfirmasi melalui Komandan Pos Napan Bawah, Letda Inf Honest Marlin mengakui, kegiatan yang sering diadakan merupakan kegiatan yang bersifat kemanusiaan seperti gotong royong, pengobatan gratis yang melibatkan sebagian besar warga desa Napan dan sekitarnya.

Sementara perhatian serius pihak TNI juga tertuju pada dunia pendidikan generasi penerus di perbatasan.

“Selain kegiatan kemanusiaan yang melibatkan warga desa Napan dan sekitarnya, kami juga sering meluangkan waktu melihat dunia pendidikan generasi penerus di perbatasan RI – RDTL. Yang bisa kami bagikan adalah semangat juang bela negara lewat pelajaran bela negara pada para siswa,” jelas Honest saat ditemui di Pos Napan Bawah Kamis (20/10/2016).

Ia mengharapkan lewat materi – materi dan pelajaran kaitannya dengan bela negara yang dibagikan dapat meningkatkan jiwa nasionalisme generasi muda.

” Semoga dengan ilmu yang didapat, bisa meningkatkan jiwa nasionalisme generasi muda, tetap terjaga dan tidak terpengaruh ideologi dari negara luar dikarenakan generasi muda ini hidup langsung berbatasan dengan negara lain,” harapnya.

Pantauan terasntt.com, kegiatan ini diawali dengan menyanyikan lagu – lagu nasional dan perjuangan sebagai penyemangat dalam mengikuti pelajaran bela negara.

Giat bela negara di SD Tes ini dipimpin langsung Letda Honest dan dibantu empat orang prajurit dan diikuti 60 siswa – siswi sekolah dasar dengan melibatkan Kepala Sekolah dan guru.

Kegiatan positif TNI yang peduli dunia pendidikan murid sekolah dasar di desa Tes ini mendapat respon baik dari kepala sekolah, guru terutama para murid.(dit)

Berikan Komentar Anda.