by

Tingkatkan UKS, Bagsos Gelar Rakor

KUPANG, Terasntt.com — Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang Usaha Kesehatan Sekolah (UKS), Bagian sosial Kota Kupang menggelat rapat koordinasi, di Balai Kota, Kamis, (15/12/2016). Semua pembina UKS dihadirkan untuk menyatuhkan pemahaman tentang peran dan manfaat UKS pada masing – masing lingkungan sekolah.

” Selain meningkatkan pengetahuan dan pemahaman, kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan koordinasi dan kerja sama serta membangun suatu komunikasi yang baik antara pembina UKS dan sekolah – sekolah, juga menyusun kebijakan pebinaan dan pengembangan program UKS di sekolah,” kata Kepala Bagian Sosial Setda Kota Kupang, Ritha Lay.

Ia menegaskan, pembinaan dan pengembangan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS), merupakan salah satu upaya dari lembaga pendidikan dan kesehatan yang bersinergi.

Menurutnya, Ada 3 program utama atau yang lebih dikenal dengan Trias UKS yang wajib dilakuakan yakni pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan, dan pegembangan lingkungan kehidupan sekolah yang sehat.

” Tiga program Utama ini wajib dilaksanakan lintas sektor dengan memiliki tujuan yang terarah terpadu dan terencana,” katanya.

Ritha menegaskan, pelaksanaan program UKS, merupakan salah satu program strategis dan mendasar dalam upaya mencerdaskan serta menanamkan kesadaran anak dan remaja usia sekolah untuk menciptakan pola hidup sehat agar memiliki kecerdasan intelektual yang tinggi dan daya tangkap yang kuat terhadap berbagai pengaruh buruk seperti Miras dan Narkoba.

” Untuk mengatasi ini, program UKS dalam implementasinya dilaksanakan secara lintas program dan sektor baik oleh pembina UKS, sekolah – sekolah juga lingkup Pemerintahan untuk menciptakan kerja sama yang baik demi terwujudnya program trias UKS menjadi lebih terpadu, terarah dan berkesinambungan,” ujar Ritha.(raf)

Comment

Berita Terbaru