by

Tingkatkan Pelayanan, Dukcapil Kupang Terapkan Hasil Rakernas

OELAMASI, Terasntt.com — Dalam rangka meningkatkan pelayanan Dinas Pendudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Kupang menerapkan hasil rapat kerja nasional (Rakernas) Gorontalo 17 – 19 Mei 2017 yang baru lalu. Ada lima agenda Rakernas yang siap diterapkan Pemerintah Kabupaten Kupang.

” Dukcapil siap melaksanakan 5 agenda Rakernas, yakni percepatan perekaman KTP elektronik 100 %, cakupan kepengurusan akta kelahiran dari usia 0 -18 tahun, semua pengurusan dokumen kependudukan gratis sesuai pasal 79 A UU Nomor.24 Tahun 2013, pemanfaatan data kependudukan serta inovasi dalam penerapan.” Kata kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Daniel Takain di ruang kerjanya, Rabu (24/5/2017).

Menurutnya, saat ini pejabat dan staf yang berkompeten dalam pengurusan e-KTP gencar ke desa – desa melakukan perekaman dan juga telah terapkan inovasi one day service (pelayanan sehari) untuk mengurus dokumen pendudukan yakni 75 KTP dan KK / Akter sebanyak 50.

” Kita turun terus ke Desa lakukan perekaman serta terapkan one day service yakni 75 KTP dan 50 kk/akta setiap hari,” ujarnya.

Ia berharap agar masyarakat bisa pro aktif mengurus dokumen kependudukan agar bisa mendapat ketunggalan data dalam penentuan nomor induk kependudukan (NIK).(yub)

Comment

Berita Terbaru