Home Daerah Tingkatkan Ketahanan Negara, Ditjen Pothan Sosialisasi UU. 3

Tingkatkan Ketahanan Negara, Ditjen Pothan Sosialisasi UU. 3

535
0
SHARE

KUPANG, Terasntt.com — Dalam meningkatkan Ketahanan Negara, Direktur Komponen Cadangan Ditjen Pothan mesosialisasi UU Nomor 3 Tahun 2002 tentang pengelolaan Sumber Daya Nasional. Sosialisasi ini disampaikan kepada PNS di lingkup Kota Kupang serta karyawan swasta di di Ruang Garuda, Balai Kota, KamisĀ  (9/2/2017).

Sebagai pemateri masing – masing, Wakil Rektor President University, Prof. A. A. Banyu Perwita, PhD dan Kasubdit Mitra Laut Ditcomcad Ditjen Pohan Kemham, Ir, Edwin L. Napitupulu, M. A. P.

Dalam Materinya, Banyu Perwita menngatakan, bahwa dalam rangka pengelolahan Sumber Daya Nasional Untuk Pertahanan Negara, dipandang perlu mengeluarkan Undang – Undang Nomor 3 tahun 2002 dimaksud.

Ia mengatakan, bahwa setiap warga negara punya hak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan Negara, Usaha Pertahanan Keamanan Negara sebagaimana diamanatkan Undang – Undang Dasar NKRI Tahun 1945.

” Dalam upaya pengelolaan dan sumber daya Nasional untuk ketahanan Nasional, maka dipandang perlu untuk mengeluarkan Undang-Undang ini,” ujarnya.

Senada dengan Banyu Perwita, Edwin Napitupulu, juga mengatakanĀ  bahwa sistem pertahanan negara bersifat semesta dengan melibatkan seluruh sumber daya Nasional yang dipersiapkan secara dini oleh Pemerintah dan diselenggarakan secara total, terpadu, terarah, dan berlanjut untuk menegakan Kedaulatan Negara dan menjaga keutuhan wilayah dan keselamatan segenap bangsa dari segala bentuk ancaman.

Ia mengatakan, bahwa Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2002 tentang pertahanan negara megamanatkan upaya bela negara, komponenen cadangan pertahanan Negara diatur dengan Undang – Undang.

“Berdasarkan pertimbangan inilah, maka perlu dibentuk Undang-Undang tentang Pengelolahan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara,” demikian Edwin. (raf)

Berikan Komentar Anda.