oleh

Timor Art Grafiti Gelar Workshop Jejak Rupa Rempah

Kupang, teras-ntt.com- Komunitas Timore Art Graffiti (TAG) menggelar Workshop Jejak Rupa Rempah di Hotel Aston Kupang and Convention Center, Kamis (23/6/2022).

Kegiatan yang membahas Presentasi Hasil Riset dan Penggalian Ide Mural itu sebagai bentuk dukungan terhadap program Muhibah Budaya Jalur Rempah yang digelar Kemendikbudristek pada tahun 2022.

Ketua Timor Art Graffiti, Alwi Kolin dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan Workshop Jejak Rupa Rempah itu sebagai bentuk dukungan terhadap program Muhibah Budaya Jalur Rempah yang digelar Kemendikbudristek pada tahun 2022 yang sebelumnya tertunda akibat pandemi covid-19.

“Kali ini Timor Art Graffiti mendapatkan kesempatan bekerja sama dengan Balai pelestarian cagar budaya Bali (BPCB) untuk menyelenggarakan kegiatan seni dalam menyambut kedatangan rombongan hibah budaya jalur rempah ke kota Kupang menggunakan KRI Dewaruci, ” katanya.

Lebih lanjut Alwi menjelaskan, bahwa KRI Dewaruci, TNI Angkatan Laut siap membawa pemuda-pemudi pilihan dari 34 Provinsi dengan tujuan napak tilas jalur rempah nusantara.

“Pelayaran ini akan menyusuri titik-titik jalur rempah nusantara, di antaranya 6 titik yang telah dipilih sebagai upaya menguatkan jati diri bangsa, mengenal kearifan budaya setempat dan merayakan ketersambungan jalur rempah. 6 titik tersebut diantaranya Surabaya, Makassar, Bau-Bau, Ternate, Banda, dan kota Kupang. Salah satu titik yang akan dikunjungi hibah budaya jalur rempah adalah kota Kupang, KRI Dewaruci nantinya akan berlabuh di pelabuhan Tenau Kupang pada 25 Juni nanti dan nantinya akan dibuka untuk umum bagi masyarakat yang ingin berkunjung dan melihat kapal tersebut,” tandasnya.

Workshop ini juga, lanjut Alwi, bertujuan agar generasi muda di jaman ini dapat memahami dan menghargai kekayaan rempah-rempah di Nusa Tenggara Timur khususnya cendana sebagai rempah unggulan.

“Tujuan kegiatan untuk menyadarkan generasi muda terkait potensi rempah-rempah yang ada di NTT khususnya Cendana sebagai Rempah unggulan,” tandasnya. (tho)

Komentar