Home Daerah Tim Gugus Tugas Perketat Pengawasan, Rumah Karantina Harus Segera Difungsikan

Tim Gugus Tugas Perketat Pengawasan, Rumah Karantina Harus Segera Difungsikan

215
0
SHARE

Anggota DPRD TTS, Marten Tualaka dan Uksam Selan

Soe, teras-ntt.com — Badan angaran DPRD TTS telah menyetujui dana sebesar Rp 33,5 Milyar untuk penangan virus Covid-19 dan tim gugus tugas diminta untuk segera bekerja maksimal dalam penanganan virus yang sudah menjadi pandemi dunia.

Demikian ini ditegaska Ketua Fraksi Hanura Marten Tualaka kepada media di gedung DPRD TTS, Senin (6/4/2020) terkait penanganan virus Covid-19, bahwa kondisi saat ini semuanya dalam keadaan siaga, namun tim gugus belum kerja maksimal.

Menurut Marten, seharusnya sistem satu komando diterapkan dari atas sampai bawah karena dari enam posko yang ada di TTS baru dua yang aktif yakni Batuputih dan Polen.

Ia juga mempertanyakan data 59 Orang Dalam Pemantauan (ODP) di TTS yang saat ini menjalani karantina mandiri dianggap sangat tidak efektif terutama dalam memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19 atau Corona. Juga disarankan rumah karantina yang sudah disiapkan pemerintah segera ditempati.

” Menurut saya karantina mandiri tidak terlalu efektif untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona, lebih baik ODP segera dikarantina di rumah yang disediakan untuk memudahkan pengawasan,” ujar ketua DPC Hanura TTS ini.

Sementara itu anggota DPRD lainnya Uksam Selan mengatakan, sesuai usulan Pemda terkait dana Penanganan Covid 19 ,DPRD sudah menyetujui Rp 33,5 Milyar karena itu tim gugus tugas segera melaksanakan langkah penangan sesuai standar operasional prosedur.

Politisi PKPI ini lebih menyoroti soal pengawasan atas pergerakan lalu lintas dari zona merah menuju Kabupaten TTS harus lebih diperketat.

Marten Tualaka

Menurut Uksam, setiap harinya 20 hingga 30 orang dari zona merah menuju ke wilayah TTS yang lolos dari pemantauan.

Lanjut ketua komisi I ini , tim gugus tugas dan Posko pengamanan yang tersebar di 6 titik harus lebih efektif untuk mendata orang-orang yang datang dari zona merah untuk ditetapkan menjadi ODP dan wajib menempatkan mereka di rumah karantina yang disiapkan pemerintah.

“ Tim gugus tugas harus perketat pengawasan dan mendata secara detail orang-orang yang datang dari zona merah menuju ke TTS dan tidak boleh biarkan untuk menjalani karantina mandiri tetapi masuk dalam rumah karantina yang disiapkan pemerintah,” tegas Uksam.(sys)

Berikan Komentar Anda.