Home Ekbis Tay Ruba : Program Cetak Sawah Belum Memenuhi Target

Tay Ruba : Program Cetak Sawah Belum Memenuhi Target

720
0
SHARE
Foto : Rafae L. Pura

KUPANG, Terasntt.com — Kepala Dinas Pertanian Provinsi Nusa Tenggara Timur, Anis Tay Rubah mengatakan Program cetak sawah baru di Nusa Tenggara Timur belum memenuhi target. Ini merupakan dampak penundaan Dana Alokasi Umum (DAU) tahun 2016 oleh Pemerintah Pusat.

Demikian kata Tay Rubah saat ditemui Terasntt.com di Kupang, Kamis (27/10/2016).

” Untuk saat ini, program cetak sawah baru sudah mencapai 1.960 hektare dari target keseluruhan 2.709 hektare pada 2016, yang tersebar di 17 kabupaten,” Katanya

Menurutnya, hal tersebut karena penundaan Dana Alokasi Umum dari Pemeritah Pusat. Untuk itu, pihaknya sedang melakukan rasionalisasi dengan mempertimbangkan penundaan anggaran tersebut.

“Kita sementara melakukan rasionalisasi dengan mempertimbangkan penundaan anggaran sehingga untuk luas sawah yang tersisa akan mulai dilanjutkan lagi pada awal tahun 2017,” katanya.

Tay Rubah mengakui program cetak sawah baru tersebut bisa berjalan cepat karena bantuan swadaya dari TNI wilayah Komando Distrik Militer (Kodim) yang menyebar di 17 wilayah.

” Kita apresiasi dengan peran TNI secara swadaya sangat membantu karena mereka terus-menerus mendorong para petani dengan prinsip kerja keras dan disiplin tinggi untuk percetakan sawah baru,” katanya.

Dia mengatakan terus memperkuat percepatan program cetak sawah tersebut dengan memfasilitasi peralatan pertanian melalui penyewaan maupun peralatan brigade pertanian.

” Kita berharap awal 2017 nanti bisa berjalan dengan lancar sehingga bisa mencapai target untuk mendukung perluasan sawah secara nasional,” katanya. (raf)

Berikan Komentar Anda.