Home Pendidikan Taman Baca SMA FQI Hasil Kreasi Siswa

Taman Baca SMA FQI Hasil Kreasi Siswa

432
0
SHARE

Ilustrasi taman baca

Kefamenanu, teras-ntt.com — Selain perpustakaan baik disiapkan pihak pemerintah daerah maupun sekolah, kini lagi yang dinamakan taman baca. Taman baca ini merupakan kreasi anak – anak maupun pihak pemerhati pendidikan guna mendoring minat baca.

Demikian juga siswa – siswa SMA Katolik Fides Quaerens Intelelektum (FQI) Kefamenanu, Kabupaten TTU membuat taman baca siswa untuk medorong minat baca siswa sekolah itu.

Kepada teras-ntt.com Rabu,11 Maret 2020 kepala SMA Katolik Fides Quaerens Intelelektum (FQI) Fr. Athanasius Ndarung, OFM.Conv., mengatakan, taman baca siswa merupakan tempat yang menyenangkan bagi siswa maupun siswi untuk membaca apa saja yang dapat dibaca guna menambah wawasan.

Selain itu, perpustakaan yang merupakan tempat pemajangan buku-buku bacaan dan tempat mencari bahan referensi dapat dijadikan sebagai tempat untuk membaca bagi siswa dan guru, namun dengan ruangan yang tertutup dapat meminimalisir minat siswa untuk membaca atau bisa saja siswa mengambil buku dan mencari tempat di area terbuka untuk membaca.

” Untuk itu saya coba munculkan ide membuat sebuah taman baca yang menarik,” ujar Fr Athan sapaan akrab kepala SMA Fides ini.

Menurutnya, berdasarkan kurikulum K-13 dituntut agar para siswa dapat berkreasi dan berinovasi sehingga diberikan ide dan membiarkan mereka berkreasi menghasilkan sesuatu yang baik sesuai ide yang kita berikan.

Saat ditanya apakah ini ide semua dewan guru yang digelar melalui rapat bersama, ia menegaskan murni idenya.

” Ini murni ide saya selaku kepala sekolah,” Jawabnya.

Maximus Klau, salah seorang guru pembina sekolah tersebut juga mengatakan bahwa para siswa yang sekolah tersebut dibiasakan untuk berkreasi dan berinovasi menghasilakan sesuatu yabg positif.

” Salah satu contoh yang sudah terlaksana selama ini adalah para siswa dalam hal OSIS sudah berusaha sendiri mencari dana untuk menggelar turnamen voley antar SMA/K sedaratan Timor dan itu telah berjalan selama beberapa tahun,” tegasnya.( ab)

Berikan Komentar Anda.