oleh

Survei TBRC: Masyarakat Puas dengan Kerja Airlangga di Bidang Ekonomi

Jakarta, teras-ntt.com – Timur Barat Riset Center (TBRC) mengemukakan elektabilitas Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto yang mengalami peningkatan. Masyarakat disebut puas dengan kinerja Menteri Bidang Perekonomian itu.

Berdasarkan survei yang dilakukan, Partai Golkar juga masuk dalam urutan pertama apabila Pemilu 2024 diselenggarakan pada hari ini. Survei tersebut dilakukan pada 29 Mei- 12 Juni 2022 yang mengangkat tema ‘Hasil Penelitian Tentang Persepsi Masyarakat Indonesia Terhadap Partai Politik Dan Tokoh Tokoh Bakal Berpotensi Menjadi Pengganti Presiden Jokowi di Pemilu 2024’.

Direktur Eksekutif Timur Barat Riset Center (TBRC), Yohanes Romeo menyebutkan hasil survei TBRC tersebut menyebutkan dari total 2.200 responden, kebijakan – kebijakan tokoh – tokoh yang saat ini menjadi pemimpin dinyatakan mempengaruhi kehidupan masyarakat dalam hal perekonomian keluarga.

“Dari hasil survei didapati nama Menko Perekonomian Airlangga Hartarto disebut oleh 71,9 % responden sebagai tokoh bakal capres yang kebijakan kebijakannya dan kinerjanya berdampak positif terhadap kehidupan keluarga terutama terkait perekonomian keluarga masyarakat disaat pandemi Covid 19,” ujar Yohanes dalam keterangan tertulisnya, yang dilansir Suara.com,  Minggu (19/6/2022).

Kemudian menyusul tokoh berikutnya Puan Maharani disebut oleh sebanyak 29,7 persen responden Budi Gunawan 27,7 persen responden, Khofifah Indar Parawansa 26,7 persen, Ridwan Kamil 27,8 persen, Ganjar Pranowo 19,8 persen, Anies Baswedan 17,2 persen, Prabowo Subianto 16,2 persen, Andika Perkasa 14,9 persen, Dudung Abdurachman 14,6 persen.

Lalu ada nama Moeloko dengan perolehan 12,8 persen, La Nyala Mataliti 10,8 persen, Muhaimin Iskandar 9,7 persen , Erick Thohir 9,2 persen, dan Sandiaga Uno 7,9 persen.

Dari Tokoh-tokoh yang punya potensi sebagai bakal Capres 2024 yang saat ini menjabat sebagai pejabat negara di era pemerintahan Prersiden Joko Widodo seluruh responden ditanyakan tentang kebijakan kebijakanya. Yakni, mengenai tokoh mana yang kebijakannya sangat bermanfaat dan mempengaruhi kehidupan masyarakat dalam hal perekonomian keluarga’.

Kemudian dilanjutkan dengan pertanyaan di antara tokoh tokoh tersebut siapa yang akan dipilih jika Pemilihan Presiden digelar hari ini.

Dari jawaban 2.200 responden Airlangga Hartarto menjadi tokoh yang paling banyak dipilih. Airlangga dipilih oleh 20,1 persen, kemudian Prabowo Subianto 17,2 persen, Ganjar Pranowo 9,2 persen, dan Khofifah Indar Parawansa 6,3 persen.

Lalu, Anies Baswedan 5,7 persen, Puan Maharani 5,4 persen, Andika Perkasa 5,2 persen, Budi Gunawan 4,2 persen, Moeldoko 3,9 persen Dudung Abdurachman 3,6 persen, Muhaimin Iskandar 1,7 persen, La Nyala Mataliti 1,6 persen, dan Erick Thohir 1,2 persen.

Berdasarkan hasil pengolahan data berdasarkan pada pertanyaan tokoh mana yang akan dipilih jika Pilpres digelar hari dengan pertanyaan tertutup. Dengan simulasi nama-nama yang tertera dalam kertas kuisioner maka hasilnya nama Airlangga Hartarto paling banyak dipilih oleh 23,9 persen responden.

Disusul oleh Prabowo Subianto dipilih sebanyak 18,6 persen, Ganjar Pranowo 9,8 persen, Anies Baswedan 4,9 persen, Khofifah Indar Parawansa 4,7 persen, Andika Perkasa 4,2 persen, Puan Maharani 5,1 persen, Dudung Abdurachman 3,3 persen, Gatot Nurmantyo 2,8 persen, dan Budi Gunawan 2,6 persen.

“Disusul Moeldoko 2,6 persen, Agus Harimurti Yudhoyono 2,2 persen, Muhaimin Iskandar 2,1 persen, Ridwan kamil 1,8 persen, La Nyalla Mattalitti 1,2 persen, Sandiaga Uno 1,1 persen, ,dan Erick Thohir 0,9 persen dan tidak memberikan jawaban sebanyak 10,1 persen responden,” pungkasnya.(*/mas)

Komentar