Home Daerah Sukses Kelolah Dana Insentif, Pemkot Raih Penghargaan

Sukses Kelolah Dana Insentif, Pemkot Raih Penghargaan

706
0
SHARE
Foto : Istimewa

KUPANG, Terasntt.com –Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang  kembali meraih penghargaan dan apresiasi dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI. Penghargaan itu diberikan karena sukses mengelola Dana Insentif Daerah (DID).

” Anugerah Dana Rakca Tahun 2016 diberikan kepada pemerintah kabupaten/kota yang berkinerja baik dalam pengelolaan keuangan,” kata   Walikota Kupang, Jonas Salean saat membuka Musermbang Kecamatan Kota Raja, Senin (20/3/2017).

Jonas  mengungkapkan,  selain Kota Kupang dan Pemerintah Provinsi NTT,  juga ada  empat kabupaten yang meraih anugerah tersebut.

Jonas mengatakan, bahwa pernyataan Kemenkeu, penerima Anugerah Dana Rakca harus memenuhi beberapa indikator.

Indikator yang dimaksud antara lain, pertumbuhan ekonomi, pelayanan publik yang baik, pernilaian Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan, pemanfaatan APBD secara optimal dan ketepatan waktu penetapan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

Berkaitan anugerah tersebut anggota DPRD Kota Kupang, Viktor Haning  mengatakan, anugerah yang diraih Walikota Kupang adalah hal yang luar biasa.

Pasalnya, dengan sisa waktu masa  jabatanya yang akan berakhir, namun Jonas Salean mampu berbuat yang terbaik khususnya pengelolaan keuangan daerah.

“ Saya merasa bangga dengan insentif yang dikelolah Pemerintah Kota sebesar Rp. 42 milliar kendati baru dicairkan Rp.21 milliar,” katanya.

Ia berharap, ke depannya, kemampuan fiskal harus terus ditingkatkan oleh pemimpin yang baru, yakni dari posisi penyusunan anggaran harus  tepat waktu, penanganan kemiskinan dan lainya, sehingga anugerah seperti ini, terus diraih.

” Anugerah yang diraih ini, meruapakan sebuab semangat bagi pemerintah terutama bagi SKPD yang ada untuk berbuat lebih baik lagi, karena masih ada sektor pelayanan publik yang masih harus ditingkatkan demi kemajuan masyarakat Kota Kupang” ujanya (raf)

Berikan Komentar Anda.