Home Pendidikan Sosialisasi Pendidikan Berlalulintas, Korlantas Mabes Polri Datangi SD Inpres Oesapa Kupang

Sosialisasi Pendidikan Berlalulintas, Korlantas Mabes Polri Datangi SD Inpres Oesapa Kupang

307
0
SHARE

Dirlantas, Mabes Pokri Kombes Pol Latif Usman, S.I.K., M.Hum saat datangi SD Inpres Oesapa Kupang (foto faris)

Kupang, teras-ntt.com — Dalam rangja meningkatkan pemahaman berlalulintas sehak dini secara nasional, Mabes Pokri melalui Korlantas mendatangi SD Inpres Oesapa Kecil 1, Kota Kupang Nusa Tenggara Timur, Rabu (11/3/2020). Kehadiran Korlantas didampingi jajaran Polda NTT memberikan pendidikan lalulintas kepada murid setempat.

” Kunjungan ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi pendidikan lalulintas atau memberikan pengetahuan terkait masalah lalulintas kepada anak – anak usia dini, juga memaparkan project sekolah akan keselamatan,” kata Dirlantas, Kombes Pol Latif Usman, S.I.K., M.Hum dalam kunjungan tersebut.

Kita memilih Sekolah Dasar karena mereka inilah usia dini yang paling mudah untuk ditanamkan kesabaran, karena dari usia dinilah 5 sampai 10 tahun kedepan menjadi generasi penerus bangsa terkait penanganan masalah keselamatan, lanjutnya.

Kedepannya kata Usman tentu masalah lalulintas ini merupakan masalah penanganan paling utama, kita juga menyadari bahwa harus terus ada tindakan khusus untuk keselamatan, karena sampai saat ini masalah kecelakaan sangat besar dan antisipasi dari anak-anak inilah yang akan kita harapkan.

Ia juga mengatakan, bahwa program ini merupakan salah satu program unggulan Mabes Polri, bagaimana menanamkan masalah pengetahuan lalulintas kepada anak-anak usia dini, mungkin hanya kelompok-kelompok kecil yang bisa menjadikan suatu embrio dan pelopor keselamatan karena itulah yang paling penting.

” Dan kalau kita sudah menanamkan ini berarti diharapkan Sekolah Dasar sudah menjadi pelopor dan mereka juga sontak sadar telah menjadi pelopor untuk menjadi tertib akan berlalulintas,” ujanya.

Untuk implementasi awal, kata Usman Pendidikan Lalulintas ini akan diintegrasikan dengan mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.

“ Pihak Kemendikbud selalu siap membantu dan saat ini modulnya sedang disiapkan dan nanti akan dibagikan ke sekolah-sekolah,” tambahnya.

Kepsek SD Inpres Oesapa setempat, Wensislaus Kavit. S.Pd mengatakan dengan adanya kunjungan ini sangat membantu dan memotivasi anak-anak serta parah guru, untuk lebih tau akan tertib berlalulintas yang benar.

Lanjut Kepsek, kalau dirinya dihubungi pihak Polda NTT, bahwa akan ada kunjungan dari Mabes Polri bersama tim yang berjumlah 5 orang, untuk menyampaikan aturan berlalulintas yang sebenarnya demi keselamatan sendiri ataupun orang lain.

“Saya bersama teman-teman guru sangat bangga dengan kehadiran pihak Mabes Polri, ini merupakan sejarah baru di mana sekolah ini sudah berdiri tahun Tahun 1983 dan ini baru pertama kali ada kunjungan langsung dari Mabes Polri,” ujarnya bangga.

Tambah kepsek , kedepannya di upayakan agar rekan guru bisa mengikuti pendidikan atau latihan dari Polantas untuk memberikan pembekalan terkait aturan lalu lintas.

” Saya juga sudah bicara langsung dengan Kepala Polantas terkait kunjungan ini biar jangan diselenggarakan hari ini saja dan harus berkelanjutan karena tadi pertemuannya sangat singkat,” katanya.

Tidak lupa Kepsek bersama rekan guru dan para murid mengucapkan terimakasih yang sebesar – besarnya atas kunjungan dari Korlantas Mabes Polri tersebut.

Di akhir kunjungan tim Korlantas Mabes Polri berpesan agar siswa/i dan guru dapat menerapkan pendidikan berlalu lintas, karena hal ini tidak hanya menghasilkan orang-orang yang tertib berlalulintas, tetapi juga pribadi-pribadi yang bermoral dan beretika dalam segala aspek kehidupan manusia.(fs)

Berikan Komentar Anda.