Home Daerah Sosialisasi dan Publikasi Pemungutan Pajak Hotel dan Restaurant

Sosialisasi dan Publikasi Pemungutan Pajak Hotel dan Restaurant

753
0
SHARE
Foto : Istimewa

OELAMASI, Terasntt.com — Dalam sebuah negara demokrasi, partisipasi masyarakat telah menjadi kunci keberhasilan, mewujudkan kehidupan masyarakat yang maju dan sejahtera. Masyarakat selaku wajib pajak sudah sadar membayar pajak sendiri untuk mendukung kemajuan pembangunan bangsa.

Demikian kata Wakil Bupati Kupang Drs. Korinus Masneno saat membuka kegiatan sosialisasi dan publikasi pemungutan pajak hotel dan restaurant bagi pelaku usaha di lingkup Kabupaten Kupang, Rabu (27/7/2016).

Dihadapan peserta, juga Sekda Kabupaten Kupang Drs. Hendrik Paut, M.Pd, Asisten III, Victoria Kanahebi dan Kadis PPKAD Krispinianus Patmawan, Masneno menjelaskan, Undang – Undang Nomor 28 Tahun 2009, tentang Pajak Daerah dan Kontribusi Daerah telah menetapkan dua model sistem pemungutan, yakni Official Assesment dimana pajak tertuang ditetapkan oleh Pemerintah Daerah dan Self Assesment System dimana wajib Pajak diberikan kepercayaan penuh menghitung dan membayar pajak sendiri.

Sebagai bahan perenungan bersama, Masneno mengingatkan semua pihak agar sadar membayar pajak karena manfaatnya sangat besar dalam mendukung pembangunan bangsa.

Menurutnya, setiap tahun ada saja wajib pajak yang sadar untuk membayar dan ada juga yang tidak sadar bahkan cenderung lalai dalam melaksanakan kewajibannya.

“ Dampak dari kelalaian wajib pajak membayar pajak berakibat akumulasi piutang pajak daerah terus mengalami peningkatan setiap tahunnya dan akan terus terbawa jika tidak diselesaikan,” katanya.

Masneno, memberikan apresiasi kepada pelaku usaha di Kabupaten Kupang yang begitu antusias dan berkenan datang menghadiri kegiatan sosialisasi pemungutan pajak.

” Saya berharap semua pelaku usaha merupakan wajib pajak yang baik dan taat pajak dan bukan menjadi penunggak pajak seperti yang dilakukan oknum tertentu. Juga perlu pelayanan terbaik kepada wajib pajak, pengelolaan pajak harus bermanfaat bagi masyarakat,” ujarnya.

Sementara, Kadis PPKAD Krispinianus Patmawan, menjelaskan pelaksanaan Sosialisasi ini bertujuan membangun komunikasi dengan pelaku usaha sekaligus menyampaikan informasi tentang pentingnya keterlibatan dalam geliat pembangunan sebagai wajib pajak yang taat membayar tepat waktu.

Menurutnya, pasal 23A UUD 1945 mengatakan, bahwa pajak dan pungutan lain bersifat memaksa untuk keperluan negara.

Sementara itu ketua panitia penyelenggara, Yulius Taklal, mengatakan, bahwa sosialisasi ini penting karena pemerintah sedang fokus mengarahkan masyarakat untuk sadar membayar pajak.

Untuk kali itu, lanjutnya sosialisasi lebih difokuskan pada pelaku usaha hotel dan restaurant dan diharapkan dapat membayar pajak tepat waktu.(*/mas)

Berikan Komentar Anda.