Home Pendidikan SM3T Atasi Kekurangan Guru di TTS

SM3T Atasi Kekurangan Guru di TTS

1113
0
SHARE
Foto : Istimewa

SM3T Atasi Kekurangan Guru di TTS

SOE, Terasntt.com — Kurangnya tenaga guru di Kabupaten Timor Tengah Selatan menjadi kendala bagi dunia pendidikan. Upaya pemerintah melalui program Sarjana Mendidik Terpencil, Terluar dan Tertinggal (SM3T) bisa membantu mengatasi kekurangan guru di bumi cendana.

Demikian disampaikan Sekretaris Daerah (sekda) TTS, Salmun Tabun, ketika menerima 66 guru SM3T di Aula Gunung Mutis Kantor Bupati TTS, Jumat (2/9/2016).

Ke 66 guru tersebut terdiri dari 4 guru Paud, 7 guru SD, 30 guru SMP dan 25 guru SMA/SMK.

“ Menjadi guru adalah panggilan. Untuk itu, secepatnya menyesuaikan diri dengan lingkungan, berkomitmen dalam melaksanakan tugas serta memiliki semangat untuk memperjuangkan pendidikan di daerah tugas masing-masing sehingga dengan keberadaan Guru SM3T, pendidikan di Kabupaten TTS terus berubah kearah yang lebih baik lagi,” kata Tabun.

Kepada Kepala sekolah penerima guru SM3T, Tabun berharap, dapat membantu, mengarahkan dan memperkenalkan daerah tugas sehingga para guru SM3T secepatnya dapat beradaptasi, bekerja sama, saling terbuka guna mengatasi berbagai hambatan yang ditemui di lapangan.

“ Pemerintah dan masyarakat Kabupaten TTS diharapkan menjadi orangtua angkat bagi guru SM3T sehingga mereka tetap semangat melakukan tugas dan pengabdiannya dan merasa senang berada di tempat tugas masing-masing,” ujar ketua rombongan, Edi Gaol.

Sementara Kepala Dinas PPO Kabupaten TTS, Seperius E. Sipa, dalam laporannya mengatakan, bahwa sejak tahun 2013, Kementrian Pendidikan dan Kebudaayan RI melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah mengalokasikan para sarjana yang siap mengajar di daerah terpencil, terluar dan tertinggal (3T). Tahun 2016 ini, ada 8 Kabupaten/Kota di Provinsi NTT termasuk Kabupaten TTS mendapatkan alokasi guru SM3T sebanyak 66 orang yang terdiri dari 4 orang guru Paud, 7 orang guru SD, 30 orang guru SMP dan 25 orang guru SMA/SMK. (*/mas)

Berikan Komentar Anda.