oleh

‘Sergio Ramos’ dari China Mengaku Diincar Chelsea

Guangzhou, CNN Indonesia — Menjelang berakhirnya bursa transfer dan usaha mendapatkan John Stones yang tak kunjung membuahkan hasil, Chelsea berusaha mendapatkan pemain belakang Guangzhou Evergrande, Zhang Linpeng.

Pemain berusia 26 tahun itu dikabarkan media China akan segera merapat ke Stamford Brigde, sebelum bursa transfer musim panas ditutup awal September nanti.

“Saya sangat senang mendapatkan undangan resmi seperti itu. Saya telah mencoba dan menunggu selama lima atau enam tahun untuk bermain di luar sana dan akhirnya mendapatkan perhatian dari Liga Primer,” ujar Zhang seperti dilansir Reuters.

Zhang yang diklaim media China akan didatangkan dengan status pinjaman, dikabarkan akan menjadi calon pengganti Branislav Ivanovic di masa depan.

Sama seperti Ivanovic, pemain yang acapkali disebut ‘Sergio Ramos’ dari China itu mampu bermain sebagai bek kiri dan juga bek kanan. Mantan pelatih Evergrande asal Italia, Marcello Lippi, juga pernah menyatakan Zhang adalah pesepakbola China terbaik di Liga Super China.

Namun Zhang menyadari bahwa dirinya tidak akan langsung bermain di Liga Primer Inggris. Pasalnya, pemain dari negara-negara non Uni Eropa harus memenuhi persyaratan ketat untuk mendapatkan izin kerja di Britania Raya sehingga Chelsea bisa saja meminjamkan dulu Zhang selama beberapa waktu sembari membuka jalan kepindahan ke Liga Primer Inggris.

“Meski saya tidak bisa langsung bermain di Liga Primer, saya percaya (Chelsea) akan mengurusi izin saya seprofesional mungkin,” kata Zhang.

Sepanjang kariernya di Evergrande, Zhang telah membantu klub itu merebut tujuh trofi, di antaranya empat gelar Liga Super China dan Liga Champions Asia.

Pemain bertinggi 185 centimeter itu tampil 44 kali bersama tim nasional China dan menyumbangkan empat gol. Zhang juga merupakan bagian dari skuat China saat mereka merebut Piala Asia Timur (EAFF), 2010 lalu.

Bursa transfer musim panas di Eropa akan ditutup pada Selasa (1/9) mendatang.(CNN)

Komentar