Home Daerah Serahkan Bantuan di Adonara,  Rini Soemarno Mangaku Terharu 

Serahkan Bantuan di Adonara,  Rini Soemarno Mangaku Terharu 

1192
0
SHARE

Adonara,  Terasntt. com — Rini Soemarno adalah Menteri pertama yang menginjakkan kaki di Pulau Adonara, Kabupaten Flores Timur aekaligus meresmikan Gereja,  St. Martinus Hingga, Lamapaha,  Rabu (7/3/2018). Kehadiran Menteri BUMN ini untuk menyerahkan Corporate Social Responsibility (CSR)/Bina Lingkungan kepada masyarakat Adonara.

” Terus terang, saya sangat terharu karena  mendapat sambutan hangat dan meriah dari seluruh Ina, Ama Adonara. Saya betul terharu karena kami, BUMN (Badan Usaha Milik Negara) dapat membantu masyarakat di Adonara, Flores Timur dan NTT secara keseluruhan,. BUMN hadir untuk negeri, ” kata Rini saat memberikan sambutan pada acara tersebut.

Sebelumnya acara penyerahan, Rini Soemarno bersama para Dirut,  Direksi didampingi Gubernur NTT,  frans Lebu Raya,  Bupati Flores Timur Anton Gege Hadjon diterima dengan seremoni Adat Behing Bau dan Loge Boreng, tua adat desa setempat mengangkat Menteri Rini Soemarno sebagai Ina Tanah Adonara. Ia dikenakan kewatek (kain tenun) Adonara juga disuguhkan tuak kelapa dan siri pinang.

Menurut Rini,program BUMN hadir Untuk Negeri bertujuan  menanamkan rasa syukur dan keinginan untuk berbagi dengan sesama.  Juga merupakan bentuk kepedulian kepada masyarakat.

” Program ini merupakan suatu bentuk kepedulian nyata BUMN untuk berperan aktif dalam menumbuhkan semangat toleransi dan saling mengasihi antara umat beragama,” ungkap Rini Soemarno dalam acara yang dihadiri para pemuka agama dan warga Adonara tersebut.

Lebih lanjut, Rini mengungkapkan,dirinya sengaja mengajak para Direktur Utama dan Direksi BUMN untuk turut serta dalam kunjungan ke Adonara.

“Tadi saya ke sini dengan menggunakan kapal fery, saya mengamati Flores Timur sangat indah. Saya berharap dengan dukungan listrik dan sarana transportasi yang memadai, masyarakat Indonesia dapat bangga dan mengunjungi tempat yang indah ini serta mempunyai saudara-saudara yang begitu ramah di Adonara,” pungkasnya.

Sementara itu Gubernur NTT, Frans Lebu Raya dan Bupati Flores Timur, Antonius Hubertus Gege Hadjon dalam kesempatan yabg sama mengungkapkan  terima kasih atas kunjungan Menteri BUMN di Adonara.

“Untuk pertama kalinya,seorang menteri mengunjungi Adonara, tempat kelahiran saya. Kunjungan ibu Menteri dan para Direksi BUMN sungguh memberikan motivasi yang luar biasa. Kami berharap bantuan ini akan terus meningkat dari waktu ke waktu sampai masyarakat akan menjadi lebih mandiri untuk membangun diri, kampung, kecamatan, kabupaten dan provinsinya,” ungkapnya.

Total bantuan CSR BUMN  untuk Adonara mencapai Rp. 3,5 miliar. Bantuan ini mencakup Renovasi Gedung Gereja Paroki Santo Martinus Hinga, SMP Katolik Awas Hinga dan Mesjid, Bantuan Air Bersih, pembangunan taman bacaan, program vokasi serta pembangunan jaringan listrik desa dan pemasangan aliran listrik untuk 21 KK.

Tampak hadir sejumlah pejabat lingkup Kementerian BUMN RI dan pejabat BUMN yang turut dalam rombongan Menteri Rini Soemarno. Diantaranya, Sekretaris Kementerian BUMN, Imam Apriyanto Putro, Deputi Bidang Jasa Keuangan,Jasa Survei dan Konsultan, Gatot Trihargo, Deputi Bidang Restrukturisasi dan Pengembangan Usaha, Aloysius Kiik.

Dan dari lingkup BUMN masing-masing, Dirut BNI, Ahmad Baiguni, Dirut Bank Mandiri, Kartiko, Dirut Angkasa Pura I, Faik Fahmi, irut ASDP Indonesia Ferry, Ira Puspadewi, Dirut Telkom, Alex Sinaga dan sejumlah direksi dari BRI, Pertamina dan Bulog.(mas)

Berikan Komentar Anda.