Home Pariwisata Senator Abraham Liyanto : Nihi Watu Harus Membuka Diri

Senator Abraham Liyanto : Nihi Watu Harus Membuka Diri

1055
0
SHARE
Foto : Istimewa

KUPANG, Terasntt.com — Ketika melakukan reses ke Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Provinsi NTT pekan lalu, Senator Abraham Paul Liyanto mengaku bangga dengan Hotel Nihi Watu di Sumba Barat Daya (SBD) menjadi contoh sukses ecotourism dan terbaik dunia. Pada kesempatan itu juga ia meminta surat pengatar agar bisa mengunjungi hotel tersebut sekaligus melakukan pengawasan sebagai anggota DPD.

” Saya minta manajemen Nihi Watu bisa membuka diri dan membagi ilmu terkait pengelolaan hotel terbaik dunia dan juga sebagai obyek wisata.
Termasuk sekolah pariwisata yang ada disana. Kalau bagus saya juga mau bangun sekolah pariwisata. Saya prediksi pemilik ataupun pengelola Nihi Watu tidak mencari keuntungan tetapi sekedar mencari kepuasan pribadi. Dia mematok harganya Rp 22 juta perhari dan harus menginap selama 5 hari. Tapi kita juga perlu kesana untuk mengingatkan agar tidak bertentangan dengan UU yang berlaku. Memang kita tetap menghargai privasi hotel berkelas dunia itu. Jika masyarakat umum bebas keluar masuk kesana juga kurang bagus,” kata Liyanto.

Menurut Liyanto, bahwa Nihi Watu tetap mempromosikan diri, bahwa dia berhasil itu ada kaitan dengan Milenium Development Goals (MDGs) dan Corporate Sosial Respnsibility (CSR)- nya.

” Karena dia memberdayakan masyarakat lokal menjadi pelayan internasional itu cukup hebat. Na saya mau tanya ke dia sejauhmana pendidikan yang diterapkan. Artinya kalau dia meiliki ilmu yang bagus dia harus membagikan kepada kita. Dan juga sekolah Pariwisata, kalau sekolah itu bagus, ini yang kita ambil. Bila perlu saya membuka sekolah pariwisata, karena NTT membutuhkan tenaga yang banya. Kalau 10 orang saja ya cuman itu menjadi juara dunia hanya disitu. Saya mau katakan ke dia, supaya dia juga merupa presepsinya, kehadiran kita kesana bukan membuat kekacauan tetapi kita mau belajar dari ilmu apa yang dia terapkan disana,” tegas Liyanto.

Sementara Kadis Pariwisata Provinsi NTT, Marius Jelamu, mengatakan, bahwa kelebihan Nihi Watu dengan memberikan CSR terbesar bagi warga setempat dan juga banyak hal yang menjadi brending dan aicon dunia untuk memotivasi manajemen hotel di seluruh Indonesia.

” Nihi watu juga memiliki tour and travel lokal. Ini juga menjadi
keunggulannya,” kata Jelamu.(mas)

Berikan Komentar Anda.