oleh

Sembilan Gol Tercipta, Barcelona Juara Piala Super Eropa

Jakarta, CNN Indonesia — Barcelona merebut trofi pertamanya musim ini setelah mengalahkan Sevilla 5-4 pada ajang Piala Super Eropa 2015 di Stadion Boris Paichadze Dinamo, Tbilisi, Selasa (11/8).

Adalah Pedro Rodriguez yang menjadi pahlawan kemenangan Barcelona. Penyerang yang santer dikabarkan akan hengkang ke Manchester United itu mencetak gol kemenangan Blaugrana pada menit ke-115.

Barcelona seharusnya bisa memenangi Piala Super Eropa 2015 di waktu normal setelah unggul 4-1 hingga pertandingan memasuki menit ke-52. Namun, tim besutan Luis Enrique itu membuang keunggulan tiga gol.

Sevilla unggul lebih dulu di awal babak pertama setelah Ever Banega membobol gawang Barcelona lewat tendangan bebas pada menit ketiga.

Barcelona kemudian berbalik unggul 2-1 setelah dua gol tendangan bebas Lionel Messi menit ketujuh dan 15 menggetarkan gawang Sevilla yang dikawal kiper Beto.

Gol Rafinha yang memanfaatkan umpan tarik Luis Suarez pada menit ke-44 membuat Barcelona menutup babak pertama dengan keunggulan 3-1.

Dominasi Barcelona berlanjut di awal babak kedua. Sebuah kesalahan Benoit Tremoulinas berujung gol keempat Barcelona yang diciptakan Luis Suarez pada menit ke-52.

Unggul tiga gol membuat Barcelona di atas angin untuk memenangi trofi pertamanya musim ini. Namun, Sevilla mampu bangkit. Berawal dari gol Jose Antonio Reyes yang memanfaatkan umpan silang Vitolo pada menit ke-57.

Sevilla kemudian memperkecil ketinggalan menjadi 3-4 melalui penalti Kevin Gameiro pada menit ke-72. Sevilla mendapatkan penalti setelah Jeremy Mathieu melanggar Vitolo.

Masuknya Ciro Immobile pada menit ke-80 membuat serangan Sevilla semakin membahayakan. Satu menit kemudian, penyerang asal Italia itu menciptakan assist yang berujung pada gol Yevhen Konoplyanka pada menit ke-81.

Skor imbang 4-4 membuat babak tambahan 2×15 menit harus dilakukan untuk menentukan pemenang.

Tiga menit babak tambahan berjalan, Enrique memutuskan untuk memasukkan Pedro menggantikan posisi Javier Mascherano. Keputusan Enrique membuahkan hasil positif.

Pedro mencetak gol kemenangan Barcelona pada menit ke-115 setelah memanfaatkan bola rebound hasil tendangan Messi. Skor 5-4 untuk Barcelona bertahan hingga akhir laga.

Susunan pemain

Barcelona: Marc-Andre Ter Stegen; Dani Alves, Gerard Pique, Javier Mascherano (Pedro Rodriguez, 93′), Jeremy Mathieu; Ivan Rakitic, Sergio Busquets, Andres Iniesta (Sergi Roberto, 63′); Lionel Messi, Luis Suarez, Rafinha (Marc Bartra, 78′).

Sevilla: Beto; Coke, Adil Rami, Grzegorz Krychowiak, Benoit Tremoulinas; Vicente Iborra (Mariano, 80′), Michael Krohn-Delhi; Jose Antonio Reyes (Yevhen Konoplyanka, 68′), Ever Banega, Vitolo; Kevin Gameiro (Ciro Immobile, 80′).(CNN)

Komentar