oleh

Selamat Datang Presiden Jokowi di Bumi Rahim Pancasila

Oleh : Magy Sigasare 

TANGGAL 31 Mei  2022  hari yang bersejarah buat seluruh masyarakat kabupaten Ende….. MOSALAKI BESAR Indonesia  PRESIDEN JOKO  WIDODO datang ke Bumi Kelimutu, Rahim Pancasila Ende, sebagai orang kedua Presiden Indonesia setelah Presiden Soekarno. Gegap gempita kemeriahan sudah terasa terasa seminggu sebelum kedatangan Jokowi.  Karena memang peristiwa ini menjadi peristiwa luar biasa.

Hari ini  serasa JAKARTA pindah ke Ende.  

Kehadiran Presiden Jokowi tidak terlepas dari sejarah bangsa dengan dasar negara PANCASILA.

Tanggal 1 Juni ditetapkan menjadi hari lahir Pancasila, dan Ende tidak bisa dipisahkan dengan dasar negara ini. Dan presiden Jokowi akan menjadi  menjadi inspektur dalam peristiwa Hari Lahir Pancasila, tentu bukan peristiwa kecil. Bagi publik Ende, ini peristiwa langka dan besar. Belum tentu puluhan tahun kedepan Presiden Indonesia ada yang mau kunjung. Mudah – mudahan saja peristiwa menjadi inspektur upacara ini menjadi langkah awal yang dibuat Presiden Jokowi, untuk menjadikan Presiden-Presiden berikutnya mau mengunjungi Ende.

Kedatangan Jokowi banyak membawa berkat tersendiri di berbagai sektor, khususnya sektor ekonomi dan pariwisata. Ada Ratusan Pelaku UMKM Ramaikan Pameran Jelang Hari Lahir Pancasila di Ende yang ikut menyemarakkan Festival Parade Kebangsaan di Ende yang berlangsung di Kantor Bupati Ende itu selama dua hari, 29-30 Mei 2022.

Hari Lahir Pancasila menjadi momen bagi pelaku UMKM untuk kembali bangkit setelah terdampak pandemi dua tahun terakhir  harapannya semoga masyarakat dapat termotivasi untuk terus berkarya, berinovasi dalam mengolah produk-produk lokal. Ada begitu banyak Hotel, restoran , warung makan, kedai kopi yang penuh dikunjungi tamu2 nasional yang datang berkunjung. Ende semakin meriah dan tergema ke seluruh penjuru Nusantara.

Terima kasih kepada BPIP karena telah mendorong Presiden RI Joko Widodo datang ke Ende untuk menjadi inspektur upacara pada Hari Lahir Pancasila 1 Juni. Terima kasih juga kepada bupati Ende yang terus mendorong dan berkomunikasi dengan pihak pemerintah pusat di Jakarta karena rencana mengundang Jokowi ke Ende ini telah dicita – citakan sejak periode MJ JILID 1 saat Alm Bupati Marsel Petu masih menjabat. Dan sekarang dilanjutkan oleh Bupati H. DJAFAR H. ACHMAD.  Semoga Ende semakin semangat ran terus bekerja dengan semangat PANCASILA.(*)

Komentar