Home Humaniora Sambut Gema Takbir Ramadhan, Tetap Jaga Kerukunan

Sambut Gema Takbir Ramadhan, Tetap Jaga Kerukunan

850
0
SHARE
Foto : Herman Henuk

KUPANG, Terasntt.com — Gema takbir ramadhan yang merupakan tradisi umat muslim menjelang pelaksanaan hari raya Idul fitri sangat dinanti umat muslim di Kota Kupang.Rangkaian persiapan menjelang pelaksanaan malam takbiran disempurnahkan umat musim diberbagai Masjid.

Demikian penjelasan Imam masjid Al Fitrah Oesapa H. Badar Daeng Pawero ketika ditemui Terasntt.com usai buka puasa bersama, Senin (4/7/2016) petang.

Menurutnya tradisi gema takbir ramadhan selalu dilaksanakan umat muslim Kota Kupang sehari sebelum pelaksanaan Idul Fitri.
” Kalau tradisi gema takbir selalu dilaksanakan umat muslim sehari sebelum perayaan idul fitri. Umat muslim di Kota Kupang selalu berkumpul bersama di sebuah masjid yang ada di Kelurahan masing-masing kemudian berarak-arakan berkumpul bersama umat muslim lainnya untuk melakukan pawai takbir tersebut,” katanya.

Berkaitan dengan keamanan sebelum Idul Fitri, lanjut Daeng kondisi sangat kondusif sebab selain pihak Kepolisian masyarakat juga turut membantu menjaga keamanan selama bulan suci ramadhan serta mejelang pelaksanaan Idul Fitri.

” Kita umat muslim khusus di Kelurahan Oesapa selalu aman dalam menjalankan aktivitas ibadah sebab selain pihak kepolisian, masyarakat juga membantu menjaga keamanan, ada warga kristen yang aktif membantu kita menjaga keamanan selama bulan suci ramadhan serta menjelang pelaksanaan Idul Fitri,” katanya.
Ia juga menambahkan, bahwa setiap malam di masjid Al Fitrah selalu diadakan ceramah agama selama bulan suci ramadhan serta petuah dari tokoh-tokoh agama islam bagi umat muslim.
” Di saat malam hari di masjid ini selalu ada ceramah agama, serta petuah dari tokoh-tokoh agama, semua ini untuk menanamkan kekuatan iman bagi umat muslim untuk selalu menjaga solidaritas dan toleransi kerukunan antar umat beragama ,” ujarnya.(her)

Berikan Komentar Anda.