Home Daerah Salean Serahkan Santunan di Lingkup Setda Kota Kupang

Salean Serahkan Santunan di Lingkup Setda Kota Kupang

610
0
SHARE
Foto : Istimewa

KUPANG, Terasntt.com — Walikota Kupang, Jonas Salean menyerahakan dana santunan dan penghargaan kepada 64 Pegawai Negeri Sipil yang pensiun, wafat dan cacat pada lingkup Pemerintahan Kota Kupang, Selasa (14/2/2017). Penyerahan dana ini berdasarkan Perda Kota Kupang nomor 16 tahun 2007, serta peraturan Walikota Kupang nomor 6 tahun 2008, tentang pelaksanaan pemberian dana santunan dan penghargaan bagi Pegawai Negeri Sipil yang pensiun, wafat dan cacat pada lingkungan Pemerintah Kota Kupang.
Total dana santunan tersebut sebesar Rp 1.574.802.600.

Tujuan pemberian dana tersebut guna meningkatkan kesejahteraan Pegawai beserta keluarga setelah memasuki masa pensiun dan bisa memanfaatkan dana yang ada kegiatan usaha ekonomi produktif dan juga sebagai penghargaan dan terima kasih atas jasa pengabdiannya kepada bangsa dan negara khususnya masyarakat dan pemerintah Kota Kupang.

Pada kesempatan itu Salean mengatakan, bagi semua orang termasuk ASN yang telah memasuki masa pensiun memang seringkali memunculkan berbagai macam problematika terutama bagi mereka yang belum mempersiapakan masa pensiunnya secara baik.

” Problem yang kadang menimbulkan shock sering terjadi pada seorang mantan birokrat yang sebelumnya telah memiliki kedudukan atau jabatan strategis atau penting. Ketika pensiun tiba, jabatan tersebut ditinggalkan. Secara otomatis akan berdampak pada hilangnya penghasilan dan tunjangan jabatan yang berdampak berkurangnya paghasilan,” katanya.

Untuk menghindari hal tersebut, lanjut Salean, alangkah baiknya apabila ada persiapan menjelang masa pensiun sehingga memiliki kepercayaan diri dan ketenangan dalam menjalani masa pensiun.

” Oleh karena itu, persiapan pensiun ini sebaiknya dilakukan pada saat seseorang masih aktif dalam bekerja atau intens dipersiapkan pasca masa transisi paling tidak 5 – 10 tahun guna mengantisipasi dampak negatif bagi kehidupan pribadi dan keluarga,” paparnya.

Salean mengatakan, banyak orang mengganggap bahwa pensiun itu adalah masa yang menakutkan dan menyakitkan sehingga muda mengalami stres, yang berdampak pada masalah kesehatan. Untuk itu, ia berharap kepada seluruh ASN yang telah purnah bakhti agar menciptakan pekerjaan yang positif dan tidak berat dimasa tua dapat terus berkarya bagi sesama sampai akhir hayat. Dan juga berharap dengan pemberian santunan dan penghargaan tersebut dapat meringankan beban dalam menjalani masa pensiun.

” Ada masanya untuk kita datang, ada pula masa untuk kita pergi, namun, yang akan tetap menjadi kenangan adalah nama baik yang ditandai oleh perbuatan baik dan bermanfaat bagi banyak orang, terutama bagi bangsa dan negara, saya percaya, bapak Ibu telah melakukan itu,” demikian Salean. (raf)

Berikan Komentar Anda.