oleh

Salean: Lurah Berkinerja Buruk Diganti

KUPANG, Terasntt.com — Walikota Kupang, Jonas Salean segera merotasi pejabat termasuk lurah yang berkinerja buruk. Apalagi selama ini hanya bekerja dibelakang meja.
“ Mutasi jabatan di lingkup Pemerintah Kota Kupang akan dilakukan pada akhir Agustus 2015 mendatang. Saya mengganti sejumlah lurah yang dinilai berkinerja buruk. Tidak ada kata toleransi lagi. Lurah yang kerjanya “tanganga” pasti akan diganti,” Kata Salean kepada wartawan di Kantor Camat Maulafa usai menyerahkan bantuan, Rabu (12/8/2015)lalu.
Jonas Salean mengatakan, lurah merupakan perpanjangan tangan pemerintahan ditingkat bawah harus bisa bekerja maksimal dalam menjalankan program pemerintah.
Tetapi kenyataan, lanjut dia, banyak lurah yang kerjanya tidak becus, sehingga banyak program pemerintah tidak berjalan dengan baik sampai ke tingkat bawah.
” Hal ini jelas membuat saya selaku pemimpin tertinggi di Kota Kupang sangat kecewa. Padahal sebelum dipilih dan dilantik mereka menyatakan kesediaan untuk bekerja maksimal dalam menjalankan program pemerintah. Banyak lurah yang kinerjanya tidak sesuai harapan dan tentunya sudah pasti diganti,” tegasnya.
Pada tempat berbeda, Sekertaris Kota (Sekot) Bernadus Benu mengatakan, selama ini pemerintah sudah melakukan penilaian tersendiri terhadap 51 lurah di Kota Kupang. Dari semua lurah yang ada, tidak semuanya punya kinerja yang buruk, diantara mereka (lurah) ada yang mempunyai kinerja yang sangat baik sehingga akan dipertahankan.
” Sedangkan yang mempunyai kinerja yang buruk tidak akan dipertahankan dan diganti,” katanya.
Ketika ditanya kapan mutasi, dia menyatakan mutasi akan dilakukan secepatnya, hanya saja masih menunggu seleksi Baperjakat.
Menurutnya Baperjakat belum mulai bekerja, karena masih disibukan dengan berbagai kegiatan menjelang HUT RI yang ke 70.
“Usai perayaan HUT RI, Baperjakat mulai bekerja untuk menyeleksi figur-figur yang bakal diusulkan. Meskipun tim baperjakat belum bekerja, tapi sudah ada penilaian terhadap para pejabat eselon I, II, dan III yang mempunyi kinerja yang baik dan buruk, sehingga proses seleksi tidak akan berlangsung lama. Dalam bulan ini, mutasi bisa dilakukan sesuai keinginan dari Walikota,” tegas Benu.(rif)

Komentar