oleh

RT/RW Bantu WPA Cegah HIV/AIDS

RT dan RW Bantu WPA Cegah HIV dan AIDS

KUPANG, Terasntt.com — Badan Pemberdayaan Masyarakat Kota (BPMK) Kupang terus memperkuat kelembagaan Warga Peduli AIDS (WPA) terkait penanggulangan masalah HIV dan AIDS. Pemerintah mendorong RT dan RW guna menyukseskan program tersebut.
“Peran kami dalam penanggulangan HIV dan AIDS adalah mendorong masyarakat khususnya RT dan RW untuk ikut berpartisipasi dalam memberikan sosialisasi kepada masyarakat,” kata kepala BMPK Kota Kupang, Felisberto Amaral kepada wartawan usai menyampaikan materi pada kegiatan bersama WPA dan KPA di Rumah Jabatan Wakil Walikota Kupang,Selasa (11/8/2015).
Felisberto Amaral mengatakan, RT dan RW harus bisa melakukan koordinasi kegiatan dengan WPA dan memberikan respon serta motivasi masyarakat agar terlibat dalam kegiatan WPA.
Selain itu, lanjut dia bisa momitifasi mereka yang berprilaku RISTI dan ODHA untuk memeriksa secara dan berobat secara rutin pada klinik atau pelayanan kesehatan terdekat.
“ Wujud perhatian Pemerintah Kota mengalokasikan dana tahun anggaran 2015 cukup besar bagi RT dan RW serta LPM. Ada 1.298 RT dengan total anggaran sebesar Rp 3.894.000.00 dan 421 RW sejumlah Rp 1.157.750.000. Dan 51 LPM sebanyak dana sebesar Rp 255.000.000, hingga totanya mencapai Rp 5.306.750.000,” katanya.
Pada tempat berbeda, Anggoata DPRD, Kota Kupang ,Zeyto Raturat mengatakan, dana yang sudah dianggarkan pemerintah untuk RT, RW dan LPM, tentunya dapat memperlancar semua kegiatan di masyarakat, termasuk membantu WPA guna mengurangi angka HIV dan AIDS di daerah ini.
“ Upaya Pencegahan HIV dapat dilakukan oleh siapapun. Instruksi Menteri Dalam Negeri No 444.24/2259/SJ, tentang penguatan kelembagaan dan pemberdayaan masyarakat dalam penanggulangan HIV dan AIDS di daerah. Maka itu melalui BMPK perlu mendorong para RT dan RW untuk ikut terlibat,” katanya.(K5).

Komentar