oleh

Roma vs Barcelona Berakhir Imbang 1-1

Roma, CNN Indonesia — Ketika peluit panjang berbunyi pertandingan antara AS Roma versus Barcelona berakhir 1-1 di Stadion Olimpico, Roma, Kamis (17/9) dini hari WIB.

Dalam pertandingan Grup E Liga Champions itu Barcelona unggul lebih dulu lewat Luis Suarez (21′) sebelum disamakan Alesandro Florenzi (31′).

Barcelona menguasai permainan selama lebih dari 90 menit pertandingan berjalan. Penguasaan bola dalam pertandingan itu adalah 75:25.

Pada babak pertama, Lionel Messi yang melakoni laga ke-100 di Liga Champions bersama Barcelona, memperoleh peluang di menit ke-17. Kapten timnas Argentina itu bekerja sama operan satu-dua dengan Neymar di dalam kotak penalti Roma.

Sayang tendangan Messi berhasil diblok Daniele De Rossi pada saat yang tepat.

Dua menit kemudian, pada menit ke-19 Luis Suarez mendapatkan umpan terobosan yang sempurna ke sisi kiri pertahanan Roma.

Namun, ketika hendak bermanuver di dalam kotak penalti, bola yang dibawa Suarez berhasil dibuang Antonio Ruediger.

Hanya butuh dua menit, dan akhirnya Suarez memberi keunggulan pertama bagi Barcelona. Walaupun sedikit berbau offside penyerang asal Uruguay itu berhasil menyundul tembakan yang berbuah menjadi assist dari Ivan Rakitic.

Pelatih AS Roma Rudi Garcia tak terima dengan gol itu, ia juga memprotes karena menilai Messi telah melakukan pelanggaran terlebih dulu dengan menginjak kaki Lucas Digne.

Pada menit ke-23, Suarez mendapatkan kembali kesempatan untuk menggandakan keunggulan. Suarez berhasil memburu umpan terobosan namun digagalkan kiper Roma Wojciech Szczesny.

Suarez meminta hadiah penalti kepada wasit, namun tak diberikan. Dalam tayangan ulang memang terlihat bahwa badan Szczesny telah menjatuhkan Suarez.

Pada menit ke-31 publik di Stadion Olimpico tersentak oleh gol fenomenal Alesandro Florenzi.

Lewat skema serangan balik, Florenzi menggiring bola di sayap kanan Roma. Saat dibayang-bayangi Ivan Rakitic, Florenzi yang tak jauh baru melewati garis tengah lapangan melihat kiper Barcelona Marc-Andre Ter Stegen berdiri terlalu jauh dari gawang.

Florenzi pun segera melepaskan tembakan dari jarak jauh. Tembakan itu berbuah gol setelah terbentur tiang gawang.

Kapten Roma, Francesco Totti yang berada di bangku cadangan pun sampai terloncat dan berteriak girang menyaksikan gol jarak jauh tersebut. Hampir dua menit seisi stadion Olimpico merayakan gol Florenzi itu.

Memasuki babak kedua, Barcelona kembali berinisiatif membangun serangan lebih dulu. Baru dua menit babak kedua berjalan, tim Katalonia itu sudah mendapat dua peluang emas. Dua-duanya berhasil digagalkan Szczesny.

Pertama adalah tendangan keras Lionel Messi. Selanjutnya di menit ke-47 adalah upaya Suarez usai menerima umpan silang akrobatik dari Jordi Alba.

Akibat aksinya menggagalkan upaya Suarez itu, Sczesny mengalami cedera sehingga harus diganti kiper veteran Morgan De Sanctis.

Pada babak kedua ini pemain-pemain Roma lebih banyak bertahan dibandingkan membangun serangan lewat serangan balik seperti yang dilakukan pada babak pertama.

Banyak peluang emas Barcelona tercipta di babak kedua ini. Namun aksi apik De Sanctis dan barisan pertahanan Roma yang digalang De Rossi itu berhasil mementahkannya.

Total ada 16 tembakan yang dilepaskan Barcelona, enam di antaranya on target.

Susunan Pemain:

AS Roma: Wojciech Szczęsny (Morgan De Sanctis 49′), Antonio Rudiger, Konstantinos Manolas, Daniele De Rossi, Lucas Digne, Radja Nainggolan, Seydou Keita, Alesandro Florenzi (Vasilis Torosidis 85′), Iago Falqué (Juan Iturbe 81′), Edin Dzeko, Mohamed Salah

Cad: Maicon, Vainqueur, Francesco Totti, Gervinho.

Barcelona: Marc-Andre Ter Stegen, Gerard Piqué, Jordi Alba, Jeremy Mathieu, Ivan Rakitić (Rafinha 61′ (Macherano 65′), Sergio Busquets, Andres Iniesta, Sergi Roberto, Luis Suárez, Lionel Messi, Neymar

Cad: Jordi Masip, Javier Mascherano, Marc Bartra, Adriano, Munir El Haddadi, Sandro Ramírez.(CNN)

Komentar