Home Humaniora Ribuan Warga Kupang Ikuti Pawai Kemenangan Paskah

Ribuan Warga Kupang Ikuti Pawai Kemenangan Paskah

1112
0
SHARE

KUPANG, Terasntt.com —  Kurang – lebih 25.000 umat dari berbagai agama di Kota Kupang dan sekitarnya. mengikuti Pawai Kemenangan Paskah ke-21, Senin (17/4/2017) Petang.

Peserta yang tergabung dalam 82 kelompok pemuda itu mengikuti Pawai Kemenangan Paskah dengan berbagai kreasi dari liturgi masing – masing.

Acara tersebut diselenggarakan BP Pemuda GMIT sebagai agenda tahunan dengan titik start di depan Gereja Anugerah, Jalan El Tari Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Ke 82 peserta ini  berasal dari 50 kelompok GMIT, 12 kelompok Gereja Denominasi dan persekutuan doa, Dua kelompok Organisasi Pemuda Lintas Agama,  dua kelompok sekolah/ Akademisi dan perguruan tinggi, serta enam belas kelompo OKP, Yayasan dan LSM.

Pawai kemenangan ini mengusun tema “Kebangkitan kristus Membebaskan Kita dari Kuasa Kematian” dan Sub Tema “dengan semangat paskah kita bangkit untuk memberikan terang Kristus bagi Pembaharuan diri, gereja dan msyarakat” Pemuda GMIT mengajak semua umat kristiani untuk terus berkarya membangun Indonesia, Umumnya dan Nusa Tenggara Timur (NTT) Pada Khususnya.

Skenario prosesi yang dipentaskan dalam drama liturgi itu difokuskan pada pemberitaan Alkitab mulai dari Perjanjian Lama sampai Perjanjian baru. Peran ini dibagi dalam 11 fase,yakni fase kejadian, keluaran, kelahiran, kesengsaraan, kematian, kebangkitan, kenaikan, pentakosta, pekabaran injil ditambah dengan fase pemandu dan barisan puji-pujian Tuhan.

Hadir dalam acara tersebut, Gubernur NTT, Frans Lebu Raya, Anggota DPD RI, Agustinus Ibrahim Medah, Anggota DPR RI, Anita Gah, Anggota DPRD NTT Muhamad Ansor, Kapolda dan Wakapolda NTT, Kasrem 161 Wirasakti, Ketua MUI,  serta berbagai Tokoh lintas Agama dan kepemudaan lainnya.

Ketua Panitia Penyelenggara, Elvrit Sane mengatakan, dengan digelarnya kegiatan tersebut,  jemaat dapat memahami cerita Akitab secara utuh dan melakukan  pembaharuan hidup denga perantara dan pesan prosesi kemenangan Paskah.

” Lewat Prosesi Paskah kali ini, kami hendaknya menyampaikan kepada semua orang bahwa Paskah adalah kemenangan iman kristiani, percaya bahwa Tuhan itu hidup,” ujarnya.

Senada disampaikan Ketua Badan Pengurus (BP) Pemuda Gereja Masehi Injili di Timor (GMIT) David Ndun, mengatakan, Momentum pawai ini merupakan wujud intropeksi diri, semua melakukan yang terbaik untuk memuliakan Tuhan.

Ia mengatakan, pemuda GMIT mempunyai impian besar, memanggil semua orang untuk datang menyaksikan dan mengambil bagian dalam aktivitas rohani, memberi pengalaman iman tersendiri, dan menjadi salah satu bagian pengembanngan potensi wisata religi yang bermanfaat bagi masyarakat.

Sementara, Ketua Sinode GMIT, Pdt, Mery  Kolimon meyakinkan, bahwa sengsara dan kematian kristus adalah tanda kasih dari Allah yang menyelamatkan manusia dari dosa. Kristus yang bangkit adalah Tuhan yang solider dan berbelas kasih kepada manusia, alam dari ancaman binasa.

Kolimon mengatakan, dalam terang tema prosesi kemenangan tahun ini, menegaskan makna peristiwa paskah sebagai bagian dari kuasa Tuhan, untuk membebaskan manusia dari belenggu dosa dan kematian, agar manusia bisa memperoleh harapan bahwa hidup ini tidak sia-sia.

Pada kesempatan tersebut,Ia mengajak seluruh jemaat berbanyi, menari, untuk memuliakan Tuhan yang telah membebaskan manusia dari kuasa kematian.

Pun Begitu, Mery berharap, Jemaat perlu menghindari ekspresi suka ria Paskah yang dangkal, yang sekedar hura-hura dan pemborosan sumber daya pelayanan.

Sedangkan, Gubernur NTT, Frans Lebu Raya mengatakan, bahwa rangakain peristiwa perjalanan Kristus, dari Kemataian sampai kebangkitan, sesungguhnya mengajarkan manusia akan satu Hal penting, yakni berkorban.

Dengan Demikian, Frans berharap, Kiranya semua masyarakat meneladani kristus, sedia berkorban untuk sesama manusia, rela berkorban membangun Daerah Nusa Tenggara Timur. (raf)

Berikan Komentar Anda.