Home Daerah Rera Beka : Peran Karang Taruna Kelurahan Sangat Penting

Rera Beka : Peran Karang Taruna Kelurahan Sangat Penting

682
0
SHARE

KUPANG, Terasntt.com — Asisten I Setda Kota Kupang, Yos Rera Beka menegaskan Karang Taruna di tingkat kelurahan memiliki peran penting dalam pembangunan. Keberadaan para pemuda di kelurahan ini bisa membantu menyelesaikan berbagai kegiatan setempat.

Demikian dikatakan Rera Beka saat membuka kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) pelaksanaan tugas dan fungsi bagi pengurus karang taruna se- Kota Kupang di Aula Balai Dikmas, Rabu (10/5/2017).

Ia mengatakan, kegiatan diselenggarakan ini sengat penting, sebagai sebuah langkah strategis, apalagi melibatkan para pemuda dari 51 kelurahan di Kota.

Oleh karena itu, lanjut Rera Beka, Pemerintah patut memberikan apresiasi untuk kegiatan tersebut.

” Dengan posisi karang taruna seperti ini, saya rasa kelurahan tinggal melakukan koordinasi saja, sebab semangat anak muda sangat luar biasa. Kalau para Lurah mampu memaksimalkan potensi karang taruna, maka saya rasa persoalan kemasyarakatan dapat teratasi secara baik dan bahkan kesejahteraan di masyarkat dapat terwujud secara baik juga,” ungkapnya.

Menurutnya, apa pun kegiatan karang taruna di keluarahan, sebaiknya terus didukung, sebab keberadaan para pemuda tersebut juga merupakan salah sendi dalam mendukung gerak pembangunan. Karena berhasilnya sebuah program di tingkat kelurahan bukan saja tergantung pada lurah dan stafnya, namun semua komponen yang ada di setiap keluarahan, termasuk karang tauna.

” Kalau kita melihat persoalan yang terjdi di Kota Kupang sesuai informasi di media masa dari generasi muda, maka sangat penting membangun koordonasi dan komunikasi secara baik ditingkat kelurahan guna dapat berjalan secara baik. Maka itu melalui Bimtek, karang taruna ini diharapkan membawa dampak yang baik bagi kota ini ke depan,” katanya.

Sementara itu laporan panitia pelaksana Noldy Lololau mengatakan, maksud dari tersebut sebagai sarana menamkan pengertian dalam memupuk serta meningkatkan kesadaran dan tanggungjawab karang taruna yang ada di wilayah Kota Kupang dalam pembangunan kesejtheraan sosial.

Selain itu lanjutnya, juga bisa memberikan pemahaman bagi para anggota karang taruna tentang ruang lingkup organisasi karang taruna dalam mendukung pembangunan nasional, khususnya membangun kesejtheraan sosial di Kota Kupang, serta menambah wawasan agar bagaimana generasi muda bisa melihat dan menemukan peluang usaha bagi dirinya sendiri dalam menciptakan lapangan kerja.

Kegiatan Bimtek ini di ikuti sebanyak 102 orang utusan dari masing – masing karang taruna. Dan dalam kegiatan ini para peserta akan mendapat materi dari tiga narasumber masing – masing Kepala Dinas Sosial Kota Kupang, Kepala Dinas Pemuda dan Olaraga Kota Kupang dan Kepala Dinas Sosial Provinsi.

Sementara Kepala Dinas Sosial Kota Kupang, Felisberto Amaral mengatakan, kegiatan Bimtek yang dilakukan tersebut dalam rangka memberikan pemahaman dan wawasan kepada pengurus karang taruna sesuai Permensos Nomor 77 tahun 2010. Ini penting, agar Karang Taruna bisa memahami fungsi dan peran mereka di tengah masyarakat.

Ia menegasakan, Pemuda di tingkat keluraha harus terus diperdayakan. Dan salah satu langkah utama adalah pemberdayaan terhadap dirinya sendirinya, harus memahami fungsi dan perannya. Dengan demikaian, Ia bisa pulang ditengah masyarakat dan memberkan pemberdayaan kepada mereka.

” Bagaiman ia bisa memperdayakan orang lain sedang dirinya sendiri belum ?. Untuk itu kegiatan Bimtek ini sebagai langkah untuk memberikan pemahaman terhadap fungsi dan perannnya,” ujar Amaral.

Pasca kegiatan ini, tiap karang taruna akan di bantu dana sebesar Rp. 6 juta dalam melakukan berbagai kegiatan. Namun, penggunaan dana tersebut akan dipertanggungjawabkan dalam bentuk laporan. (raf)

Berikan Komentar Anda.