oleh

Realisasi BLT Tahap ke 3 Dana Desa Hadakewa Terhambat, Diduga Dialihkan ke Pariwisata

Lewoleba,teras-ntt.com — Pemerintah Desa Hadakewa, Kecamatan Lebatukan, Lembata, Nusa Tenggara Timur hingga saat ini belum merealisasikan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahap ketiga. Diduga dana tersebut dialihkan untuk pengembangan pariwisata. 

Harusnya BLT-DD tahap ketiga ini sudah dibagikan kepada masyarakat penerima sejak bulan Oktober – Desember 2020 lalu, namun hingga pertengahan bulan Januari 2021 ini belum juga direalisasikan.

Saat dikonfirmasi wartawan di rumahnya, Rabu (20/1/2021) salah satu warga Desa Hadakewa yang tidak ingin namanya disebutkan menyatakan bahwa dirinya  pernah mempertanyakan kepada Pemerintah Desa setempat  terkait  BLT-DD tahap 3 yang belum juga dibagikan. Kenapa dialihkan untuk pengembangan pariwisata. 

“ Hingga kini BLT DD belum juga turun, padahal sebelum-sebelumnya pertengahan menuju akhir tahun kami sudah menerima bantuan tersebut, sekarang sudah memasuki tahun 2021 kami belum terima. Kami warga bertanya-tanya, apakah bantuan ini stop hanya sebatas sampai di tahap 2 saja. Penghasilan kami petani dan nelayan sekarang belum mencukupi kebutuhan sehari-hari, kami masih berharap  bantuan dari pemerintah,di mana harga hasil penjualan Ikan juga menurun di tengah Pandemi ini,” ungkapnya. 

Sementara mantan ketua BPD Desa Hadakewa yang akrab disapa Bunda An saat dikonfirmasi teras-ntt.com, menyayangkan sikap Pemerintah Desa dalam hal ini Kepala Desa Hadakewa mengambil keputusan sepihak dengan mengalihkan BLT-DD ke pengembangan pariwisata tanpa ada persetujuan dari masyarakat penerima BLT-DD tersebut. 

Apakah ada regulasi terkait pengalihan Bantuan Langsung Tunai (BLT-DD) ke pengembangan pariwisata,”  tandasnya.

Komentar