by

Raker Kelurahan Oesapa Perketat Aturan Sosial

KUPANG, Terasntt.com — Pelaksanaan rapat kerja (Raker) tingkat Kelurahan Oesapa, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang untuk memperketat aturan sosial kemasyarakatan. Aturan dimaksud demi terciptanya keamanan dan ketertiban dalam kehidupan masyarakat.

Demikian disampaikan Lurag Oesapa, John Keban saat memimpin Raker di aula kantor lurah setempat, Sabtu (11/6/2016).

John Keban mengatakan, masalah sosial di Kelurahan Oesapa sangat kompleks di sehingga perlu ada koordinasi dan komunikasi dari semua pihak untuk menjaga keamanan dan ketertiban ditengah masyarakat, dan perlu sikap tegas untuk mengendalikan kehidupan sosial masyarakat di Kelurahan Oesapa.

” Khusus warga Kelurahan Oesapa harus ambil langkah pengendalian yang tegas agar keamanan dan ketertiban didalam masyarakat dapat terpelihara secara baik. Saya melaksanakan Raker ini sebagai bentuk koordinasi dan komunikasi, karena didalam Raker ini ada pihak Kelurahan, LPM, PKK, Babin, Babinkamtibmas, RT/RW, tokoh masyarakat, tokoh agama, karang taruna dan sejumlah organisasi sosial tingkat Kelurahan Oesapa. Kita sama-sama bahas aturan mainnya secara baik dan benar,” kata Keban.

Ia menjelaskan sejumlah masalah sosial yang wajib mendapat perhatian serius dari semua pihak diantaranya, Kependudukan, polisi tidur di setiap jalan gang, pemeliharaan ternak, minuman keras (miras), pemondokan, dan kamtibmas secara umum.

” Saya pikir masyarakat perlu tau tata aturan serta konsep hukum atau perda yang berlaku terhadap sejumlah hal seperti kependudukan, pembuatan polisi tidur yang layak, ternak liar, miras, pemondokan atau tempat kos dan kontrakan. Perlu kita hidupkan siskamling untuk mengatasi masalah keamanan pada malam hari, dan kalau masyarakat melanggar aturan pasti akan ada konsekwensi hukumnya yaitu berupa denda atau hukuman kurungan sesuai mekanisme aturan hukumnya yang berlaku,” jelasnya.
Keban menambahkan semua upaya yang dilakukan dalam pengendalian sosial masyarakat tersebut adalah untuk mewujudkan cita-cita Kelurahan Oesapa yang Berbudaya, Moderen, Produktif dan Nyaman.
” Semua hal yang kita lakukan demi mewujudkan cita-cita menjadikan Kelurahan Oesapa yang Berbudaya artinya yang punya tatakrama, Moderen artinya yang baik dan rapih, produktif artinya untuk menunjukan daya saing, serta nyaman artinya menjadi rumah yang nyaman bagi semua orang yang tinggal di Oesapa,” tandasnya.
Sementara Ketua LPM, Adhy Welly de Haan dalam kesempatan tersebut mengharapkan adanya dukungan dari semua komponen masyarakat baik lewat kerjasama, koordinasi dan arus komunikasi yang baik agar situasi dan Kondisi Kelurahan Oesapa semakin baik dan lebih kondusif bebas dari gangguan sosial kemasyarakatan yang selama ini menjadi fenomena negatif.

” Mari kami semua yang ada bekerjasama, koordinasi dan lebih komunikatif untuk menciptakan suasana yang baik dan lebih kondusif. Membebaskan Oesapa dari gangguan sosial kemasyarakatan yang selama ini menjadi sebuah fenomena yang negatif. Intinya saya mengajak semua pihak untuk mari sama-sama kita perbaharui dan rubah Oesapa menjadi milik kami bersama ,” ucapnya. (her)

Comment

Berita Terbaru