oleh

Raih WTP TB 2021, GM Swasti Sari : Memacu Kami Untuk Terus Bekerja

Kupang, teras-ntt.com — KSP Kopdit Swasti Sari kembali meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) Tahun Buku (TB) 2021 setelah Kantor Akuntan Publik Hendro Busroni Alamsyah Bandung mengaudit laporan keuangan sejak 9 Januari -16 Januari 2022. 

Demikian disampaikan Pimpinan Kantor Akuntan Publik Hendro Busroni Alamsyah Bandung, Edi Subagyo, S.Ak.CR.CPA kepada wartawan di Kantor pusat Kopdit Swasti Sari lantai 3, Oeba Kupang, Minggu (16/1/2022) 

“Pelaksanaan auditnya sejak tanggal 9 Januari sampai 16 Januari 2022. Kurang lebih 8 hari  kami melakukan audit di Kopdit Swasti Sari dengan mengunjungi beberapa cabang. Terkait masalah keuangan khususnya Tahun Buku 2021, Kopdit Swasti Sari setiap tahunnya  rutin  diaudit oleh Kantor Akuntan Publik.  Dan di Tahun ini, kami dari Kantor Akuntan Publik Hendro Busroni Alamsyah Bandung dipercaya melakukan audit dan kami siap melakukan audit tersebut. Karena sudah rutin melakukan audit, maka ini menjadi sebuah hal yang positif bagi Kopdit Swasti Sari yang mana audit tersebut merupakan bagian dari budaya yang rutin setiap tahunnya dilakukan lembaga ini dalam rangka untuk memastikan apakah akuntabilitas terkait masalah audit apakah sudah berjalan dengan baik. Dan berdasarkan hasil audit laporan keuangan di Tahun Buku (TB) 2021, kami telah menguji angka- angka pada laporan keuangan tersebut yang mengacu pada Standar Akuntansi Keuangan untuk Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP) sesuai standar yang telah diterapkan Kopdit Swasti Sari. Dan bagaimana dengan kondisi di Tahun Buku 2021? Dan dapat kami pastikan bahwa Tahun Buku 2021 penyajian  laporan Keuangan Kopdit Swasti Sari dalam kondisi Wajar Tanpa Pengecualian dan mendapatkan Opini WTP. Dan hasil tersebut telah disampaikan dalam rapat bersama Pengurus, Pengawas dan juga Manajemen pada hari ini. Selain itu, kami juga mengaudit bukan hanya keuangannya tetapi juga organisasi dan manajemennya. Dan pemberian Opini WTP ini pun disajikan secara terbuka,”kata Edi. 

Pada kesempatan yang sama, General Manager Kopdit Swasti Sari, Yohanes Sason Helan, A.Md disela kegiatan saat dikonfirmasi teras-ntt.com mengungkapkan bahwa, sudah 5 kali berturut-turut Kopdit Swasti Sari meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian. Dan hasil WTP ini semakin memacu semangat untuk terus bekerja, berkarya membangun dan memajukan lembaga ini. 

“Sudah lima kali berturut turut Kopdit Swasti Sari meraih Opini WTP. Apalagi Lembaga ini sudah masuk hingga ke pelosok desa, kampung-kampung bahkan medan yang sulit sekalipun. Opini WTP ini semakin memacu semangat  kami untuk terus bekerja. Ini adalah bukti dari anggota kami yang berasal dari orang-orang kecil yang mana mereka  ingin merubah hidup. Kopdit Swasti Sari semakin tumbuh dan berkembang baik, anggota, aset dan likuiditasnya sangat terjaga. Dan kami siap memajukan lembaga ini. Sebelumnya, KSP Kopdit Swasti Sari mendapatkan nilai Sehat dari Kementerian Koperasi. Dan opini WTP ini akan disampaikan dalam forum Pra RAT tanggal 13 dan 20 Februari serta RAT tanggal 27 Februari 2022,” ujar Sason. 

GM Swasti Sari Kupang John Sason Helan

Lebih lanjut Sason juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada akuntan publik Hendro Busroni Alamsyah Bandung yang telah mengaudit laporan keuangan Kopdit Swasti Sari. 

“Terima kasih kepada kantor Akuntan Publik Hendro Busroni Alamsyah Bandung yang telah melakukan audit di lembaga ini. Dan sekali lagi, hasil WTP ini memacu semangat kami untuk terus bekerja, berkarya membangun dan memajukan lembaga ini,” tandasnya. 

Ucapan terima kasih kepada kantor Akuntan Publik Hendro Busroni Alamsyah Bandung juga disampaikan Ketua Koperasi Swasti Sari, Drs Lambertus Tukan, M.Si. 

“Terimakasih kepada akuntan publik Hendro Busroni Alamsyah Bandung yang telah mengaudit laporan keuangan kami termasuk program- program dan pola kebijakan. Opini WTP ini  akan dipertahankan dan memperbaiki berbagai catatan yang diberikan auditor. Dan akan menyampaikan kepada anggota dalam forum RAT,”kata Lambert. 

Sementara itu Ketua Pengawas Koperasi Swasti Sari, Simon Anunu, S.Ag, MPd saat dikonfirmasi menjelaskan bahwa Opini WTP yang diraih Kopdit Swasti Sari telah sesuai pengawasan yang dilakukan selama ini di lapangan. 

“Hasil ini benar dan kami para pengawas selama ini sudah mengawasi sehingga prospek Koperasi Swasti Sari ke depan lebih baik dan anggota semakin percaya dan mencintai lembaga ini,” tandasnya. (ran)

Komentar