oleh

Raih Hasil Survei 97,62 Persen, Kinerja KPP Pratama Kupang Sangat Memuaskan

KUPANG, teras-ntt.com — Kantor Pelayanan Pajak ( KPP) Pratama Kupang, Nusa Tenggara Timur melakukan Survei Kepuasan Masyarakat Semester I Tahun 2021 tanggal 15 Juli -15 Agustus 2021. Hasilnya  Kepuasan Masyarakat mencapai 97,62 persen dan mutu pelayanan termasuk dalam kategori A dengan hasil kinerja sangat memuaskan. 

” Capaian yang diraih ini akan tetap dipertahankan dan ditingkatkan di masa mendatang dan juga masukan dalam kegiatan survei ini akan dijadikan acuan dalam rangka perbaikan layanan,” kata kata Kepala KPP Pratama Kupang, Ni Dewa Agung Ayu Sri Liana Dewi. 

Menurutnya survei kepuasan masyarakat tersebut merupakan wujud dari peran serta masyarakat dalam tahap evaluasi pelayanan publik. Survei ini diharapkan mampu mengidentifikasi kelemahan/ kekurangan dari masing-masing unsur dalam penyelenggaraan pelayanan publik sehingga dapat disusun kebijakan yang perlu diambil untuk memperbaikinya. Keterlibatan aktif masyarakat juga sangat diperlukan demi peningkatan pelayanan KPP Pratama Kupang.

“ Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah berkenan mengikuti program survei ini. Hasil survei yang ada saat ini akan kami terus pertahankan dan tingkatkan untuk mencapai kesempurnaan dalam pelayanan kepada wajib pajak,”katanya.

Ia menjelaskan, bahwa pelaksanaan survei kepuasan tersebut melibatkan 185 responden yang telah mewakili masing-masing 79 Standar Pelayanan di KPP Pratama Kupang dan dilaksanakan secara tatap muka di Tempat Pelayanan Terpadu (TPT) KPP Pratama Kupang maupun secara daring melalui aplikasi google form. 

Kepada wartawan salah satu wajib pajak (WP) penerima layanan Pemindahbukuan Bukti Bayar Pajak di TPT KPP Pratama Kupang, Bernadeta Ina Kewa mengatakan bahwa dengan adanya program survei masyarakat memiliki momentum untuk menyampaikan aspirasi maupun keluhan terhadap layanan yang diperoleh.

“ Selain seluruh saluran pengaduan pajak yang telah dijelaskan oleh petugas, Program Survei Kepuasan Masyarakat menjadi alternatif lain bagi masyarakat dalam menyampaikan kritik masukan serta saran untuk turut berandil dalam pengembangan kualitas pelayanan di instansi pemerintah,”ungkapnya. 

KPP Pratama Kupang juga telah menetapkan 79 Standar Pelayanan untuk seluruh jenis pelayanan yang diberikan kepada wajib pajak. Seluruh prosedur, persyaratan, jangka waktu hingga dasar hukum telah diinventarisir dalam setiap Standar Pelayanan yang diberikan oleh KPP Pratama Kupang. 

Penyusunan Standar Pelayanan tersebut telah melalui proses public hearing yang melibatkan unsur-unsur pokok masyarakat, antara lain perwakilan tokoh masyarakat, perwakilan akademisi, perwakilan Lembaga Swadaya Masyarakat, perwakilan dunia usaha, perwakilan instansi pemerintah dan perkumpulan profesi.

Sama halnya dengan buku menu restoran yang menyajikan informasi detil bagaimana cara memasak makanan, apa bahan yang dipakai dan berapa harga tiap makanan, Standar Pelayanan KPP Pratama Kupang memberikan informasi kepastian hukum hingga kepastian jangka waktu proses permohonan yang dapat diajukan oleh wajib pajak di KPP Pratama Kupang. Detil 79 Standar Pelayanan KPP Pratama Kupang dapat diakses pada laman instabio.cc/pajakkupang.

Sebagai informasi kepada seluruh pengguna layanan KPP Pratama Kupang, Direktorat Jenderal Pajak telah menyediakan saluran pengaduan baik secara langsung maupun tidak langsung. Apabila wajib pajak mendapati pelayanan yang dilakukan diluar Standar Pelayanan yang telah ditetapkan ataupun gratifikasi dalam pelaksanaan pemberian layanan, wajib pajak dapat mengadukannya melalui beberapa layanan, antara lain: telepon 1500200; Faks (021) 5251245; email ke pengaduan@pajak.go.id; direct message ke Twitter @kring_pajak; website di laman pengaduan.pajak.go.id; pesan daring di laman www.pajak.go.id; maupun dengan mengirimkan surat pengaduan atau datang langsung ke seluruh unit kerja DJP.

Pelayanan di KPP Pratama Kupang

Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Seksi Pelayanan KPP Pratama Kupang, I Wayan Agus Eka memastikan komitmen KPP Pratama Kupang untuk selalu memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh wajib pajak. 

Komitmen ini tercantum dalam Janji Pelayanan KPP Pratama Kupang untuk memberikan Pelayanan Terbaik, Cepat, Tepat dan Tanggap Kepada Wajib Pajak serta Maklumat Pelayanan KPP Pratama Kupang yang berbunyi “Dengan ini menyatakan sanggup menyelenggarakan pelayanan sesuai dengan Standar Pelayanan yang sudah ditetapkan dan apabila tidak menepati janji ini, kami siap menerima sanksi sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“KPP Pratama Kupang siap memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh wajib pajak. 79 Standar Pelayanan, Janji Pelayanan dan Maklumat Pelayanan KPP Pratama Kupang telah ditetapkan untuk memenuhi dasar pelaksanaan pelayanan kepada wajib pajak. Kami juga memastikan Program Survei Kepuasan Masyarakat akan rutin dilakukan tiap akhir semester untuk mewadahi aspirasi pengguna layanan. Pun saluran konsultasi perpajakan dan pengaduan layanan akan selalu siap melayani wajib pajak sepenuh hati,”tandasnya. 

Hingga 31 Agustus 2021 KPP Pratama Kupang mencatat telah melayani keseluruhan total 18.316 wajib pajak. Jumlah tersebut didominasi oleh pengguna layanan daring sebesar 12.032 wajib pajak atau hampir 70% dari total pengguna layanan. 

Dari data jumlah pengguna layanan dapat disimpulkan bahwa mayoritas pengguna layanan KPP Pratama Kupang tetap memilih layanan daring dari sejak diluncurkannya inovasi live chat Whatsapp KPP Pratama Kupang pada awal pandemi hingga sekarang. 

Beberapa saluran yang dapat dipilih untuk layanan permohonan dan/atau konsultasi antara lain live chat Konsultasi Loket TPT melalui nomor 085338858243; 085338858253; 085338858263, 085338858265, live chat Konsultasi Perpajakan, Aplikasi (Helpdesk) & Tata Cara Pembuatan Billing ke nomor 085338858239 atau 085338858249, konsultasi dengan Account Representative ke nomor 085338858246; dan konsultasi terkait Penagihan Pajak ke nomor 081339009945, pelayanan melalui email, pos maupun tatap muka.(ran)

Komentar