oleh

Puluhan Anggota DPRD DKI Ubah Plat Mobil Dinas Jadi Hitam

Jakarta, CNN Indonesia — Puluhan anggota DPRD Jakarta kedapatan mengubah plat mobil dinas yang seharusnya berwarna merah menjadi hitam. Padahal plat hitam hanya digunakan untuk kendaraan pribadi.

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah, Heru Budi Hartono mengatakan ada nomor khusus yang digunakan kendaraan dinas Pemprov DKI Jakarta. Menurutnya, pengubahan plat nomor tersebut jelas melanggar peraturan.
“Enggak boleh (dihitamkan), polisi sudah tahu kok kalau PQB sama PQA itu pasti Pemda DKI Jakarta. Polisi tahu itu plat merah, suatu saat nanti bisa di stop mobilnya karena bermasalah kan enggak enak, itu kan mobil Pemda DKI,” kata Heru, di Gedung DPRD Jakarta, Kamis (1/10).

Menurut Heru, sebenarnya anggota dewan boleh saja menggunakan plat berwarna hitam. Asal plat tersebut diurus terlebih dahulu di kepolisian.

“Kalau mau plat khusus yang dikeluarkan polda, bisa mohon ke Pak Sekwan (Sekretaris Dewan). Nanti sekwan akan bersurat ke Dirlantas untuk diurus,” kata Heru.

Sementara itu, James Arifin Sianipar, anggota DPRD Jakarta yang ketahuan mengganti mobil dinasnya jadi plat hitam mengatakan banyaknya demo di Jakarta membuat dirinya mengganti plat mobil dinas yang digunakannya.

“Alasannya karena sering ada demo-demo, takut pendemo anarkis terus ngerusak mobil, itu juga (plat hitam) hanya sementara. Itu kan kita pinjam ada asuransi tapi asuransi dari kita, pemegang mobil. Pajak sama asuransi kita yg bayar,” kata James ketika dihubungi CNN Indonesia.

Dia pun mengakui penggantian plat hitam tersebut belum sempat diurus ke kepolisian sebab Buku Pemilik Kendaraan Bermotor mobil dinas yang belum keluar.

“BPKB belum keluar, tidak bisa diurus ke Samsat kalau BPKB belum keluar. Lagian ini juga sementara, dua bulan ini saja sampai BPKB keluar,” katanya.

Dia pun mengetahui pengubahan plat tersebut melanggar aturan. James mengatakan akan segera mengubah kembali plat nomor mobil dinasnya menjadi merah.

“Tau lah, tapi ini kan nomornya tetap, hanya warnanya saja jadi hitam. Iya, besok ganti lagi jadi merah, nanti pas pulang juga bisa langsung diganti. Sekarang tidak sempat, jadi masih pakai plat hitam,” ujar James.

Berdasarkan pantauan CNN Indonesia, hari ini terdapat 21 mobil dinas dengan akhiran PQA dan PQB yang berwarna plat hitam di basement 2 parkiran DPRD Jakarta. Namun, ada beberapa mobil dinas yang tetap menggunakan plat merah.

Sebelumnya, sebanyak 101 anggota DPRD Jakarta mendapatkan mobil dinas jenis Toyota Corolla Altis. Pembelian mobil dinas tersebut diketahui menghabiskan anggaran sebesar Rp41 miliar.(CNN)

Komentar