Home Politik PT. Semen Kupang Diduga Mencaplok Tanah Milik Pemprov

PT. Semen Kupang Diduga Mencaplok Tanah Milik Pemprov

247
0
SHARE

Ketua Komisi III DPRD NTT,  Hugo Rehi kKalembu

Kupang, teras-ntt.com — PT. Semen Kupang diduga mencaplok tanah milik 7
Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur seluas 106 hektar.

Demikian disampaikan Ketua Komisi III DPRD Provinsi NTT, Hugo Rehi Kalembu kepada wartawan di ruang rapat komisi setempat, Selasa (28/1/2020). Dugaan pencaplokan tersebut diketahui setelah adanya audit BPK pada beberapa waktu lalu.

” Yang kita kasi itu sebanyak 103 hekta are. Tetapi dari hasil audit BPK berkembang menjadi 126 hekta are, sehingga yang dikuasai oleh PT. Semen itu menjadi 219 hektar are. Jadi lebih dua kali lipat,” kata Hugo.

Perlu diketahui bahwa, tanah milik pemerintah provinsi di kelurahan Alak itu seluas 311 hekta are. Pada Tahun 1984, pemerintah provinsi memberikan kurang lebih 103 hekta are kepada PT. Semen Kupang.

” Nilai aset yang berikan tersebut mencapai Rp.1,5 miliar,” katanya.

Saat penambahan lahan tidak ada dana tambahan. Antara yang kita berikan dengan hasil pemeriksaan pun tidak cocok, lanjutnya.

Menurut Huga pihaknya telah melakukan kunjungan kerja ke PT. Semen Kupang untuk mengecek lokasi yang diduga dicaplok oleh pihak PT. Semen Kupang.

” Tadi kita sudah ke sana tapi katanya direksi ke Jakarta. Sehingga tidak sempat kita klarifikasi terkait hal ini (pencaplokan lahan),” tutur Hugo

Untuk agenda kunjungan selanjutnya, kata Hugo pihaknya masih merampungkan agenda lain yang dianggap penting.

Menurutnya dalam waktu dekat Pemerintah Provinsi akan turun untuk mengecek lahan yang diduga dicaplok oleh PT. Semen Kupang itu.

” Pihak Pemda besok atau lusa akan turun ke lokasi untuk melakukan pengukuran kembali lahan tersebut. Kalau memang betul ada yang penambahan diluar dari yang dibicarakan maka itu akan kita bicarakan tersendiri lagi,” ujarnya.(fs)

Berikan Komentar Anda.