Home Daerah Pramuka Sebagai Wadah Membangun Karakter Anak

Pramuka Sebagai Wadah Membangun Karakter Anak

760
0
SHARE
Foto : Istimewa

Pramuka Sebagai Wadah Membangun Karakter Anak

SOE, Terasntt.com — Gerakan Pramuka adalah wadah untuk membangun karakter anak bangsa. Membangun Pramuka, berarti kita sedang mempersiapkan generasi penerus yang bermoral dan berakhlak mulia serta siap membangun NTT dan Indonesia umumnya.

” Untuk itu pengurus Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Timor Tengah Selatan, segera bekerja secara maksimal dalam menjalankan program kerja yang sudah direncanakan,” kata Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Nusa Tenggara Timur, Lusia Adinda Lebu Raya, saat menyerahkan Surat Keputusan Pengurus Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka TTS masa bakti 2016 – 2021 kepada Wakil Bupati, yang juga ketua harian Majelis pembimbing cabang (Mabicab) Pramuka TTS, Obed Naitboho di Ruang Rapatnya, Rabu (14/9/2016).

“Saat berkunjung ke daerah – daerah, ternyata Pemerintah Daerah selalu memberikan perhatian khusus dalam mendukung kegiatan kepramukaan, termasuk dukungan anggaran melalui APBD,” ujar Adinda Lebu Raya.

Namun yang menjadi persoalan, katanya adalah pengurus di tingkat Kwarcab sebagai ujung tombak tidak melaksanakan tugas sebagai mana mestinya.

Hal mendasar yang ditemui adalah, terkait dengan sulitnya pertanggungjawaban dana oleh pengurus Kwarcab kepada Pemerintah Daerah, padahal pertanggungjawaban keuangan adalah hal wajib dalam pengelolaan keuangan daerah.

Adinda Lebu Raya mengatakan, sesuai data tahun 2014, anggota Pramuka di Provinsi NTT sebanyak seratus tiga ribu orang. Ini adalah kekuatan yang luar biasa, yang harus kita optimalkan demi membentuk generasi muda NTT yang berkualitas.

“ Gerakan Pramuka harus menjadi favorit bagi anak – anak kita karena sesungguhnya Gerakan Pramuka adalah gerakan yang keren, gembira dan asyik,” ujarnya.

Sementara Obed Naitboho mengatakan, bahwa dalam 3 tahun terakhir kepengurusan Kwarcab Gerakan Pramuka TTS tidak berjalan secara maksimal, namun kegiatan Pramuka pada gudep – gudep yang ada, baik di tingkat SD, SMP, SMA dan SMK tetap aktif dilakukan.

Untuk mendukung aktivitas kepengurusan Kwarcab Gerakan Pramuka, di tahun 2016 ini, katanya Pemerintah Kabupaten TTS telah mengalokasikan sejumlah dana, sehingga Gerakan Pramuka di Kabupaten TTS bisa semakin dimaksimalkan.

Ia berharap dalam waktu dekat ini, Ketua Kwarda NTT dapat segera melantik Kwarcab TTS, baik itu Majelis Pembina maupun pengurus harian.

Sesuai Surat Keputusan Ketua Kwarda Gerakan Pramuka NTT Nomor 018 Tahun 2016, yang menjadi Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka TTS adalah E.P. Tahun, , Wakil Ketua I Bidang Bina Muda, Seperianus Sipa, Wakil Ketua II Bidang Binawasa, A.M. Kase, Wakil Ketua III Bidang Organisasi dan Hukum Yusak Banunaek, Wakil Ketua IV Bidang Keuangan, Usaha dan Sarana Prasarana Petronela Horo, Wakil Ketua V Bidang Abdi Masyarakat dan Humas George D. Mella, Sekretaris A.W. Arifoeddin, Wakil Sekretaris Fransiskus Suratman, Bendahara Sofi Maria Napoe, Wakil Bendahara Ferisi Feti Mauboi dan didukung oleh kepengursan 5 bidang lainnya.

Acara Penyerahan SK tersebut dihadiri oleh Wakil Ketua TP PKK Provinsi NTT Fransisca Litelnoni – Sianto, Ketua TP PKK Kabupaten TTS, Rambu Mella, Wakil Ketua TP PKK Margarita Naitboho – Nokas, Pengurus Kwarda NTT, Ketua dan Pengurus Kwarcab TTS, para Pimpinan SKPD serta undangan lainnya.(*/mas)

Berikan Komentar Anda.