oleh

Pondok Olatake, Jadi Tempat Berbagi untuk Anak Muda Ile Ape

Nongrong di pondok Olatake Ile Ape Lembata

Lewoleba,teras-ntt.com — Pondok Olatake yang terletak di Desa Waimatan, Kecamatan Ile Ape Kabupaten Lembata sebagai tempat berkumpul dan berbagi untuk anak muda setempat. Kaum muda mulai menggelar kegiatan yang bertema ” Baku Bagi “bersama generasi muda setempat, Minggu (25/10/2020).

Baku Bagi adalah suatu Program kerja Olatake yang berkelanjutan dengan tujuan memberikan pengetahuan, maupun pengalaman dengan tema yang berbeda beda dari tiap acaranya dan salah satu tujuan utama dibuatnya Pondok Olatake adalah sebagai tempat kumpul anak-anak muda.

” Setiap acara BAKU BAGI ini sasaran utamanya adalah generasi muda penerus lewotanah, kami buat ini kali yang kedua dengan tema tentang Sejarah dan Budaya Waimatan , Karena hampir semua generasi atau anak muda jarang tahu tentang sejarah dan budaya ,sehingga kami buat ini untuk kita agar tidak melupakan sejarah dan budaya begitu,” kata Astoozgila Penggagas terbentuknya Pondok Olatake.

Ada berapa narasumber yang notabenenya menjadi tokoh adat dan tokoh budaya hadir pada kegiatan tersebut, yakni Paulus Boli Pureklolon dan Thomas Bugit Kerong hadir pula tokoh adat watun lewopito.

Sementara itu Viktorius Lango Langkeru salah satu tokoh muda yang sering mengangkat Sejarah dan Budaya “Watun Lewopito” itu mengatakan bahwa Anak muda sebagai generasi penerus harus tahu sejarah yang terjadi di Desa Waimatan begitu juga dengan adat istiadatnya, kegiatan ini sudah sangat luar biasa dan tentunya punya nilai positif untuk Lewotana dan anak generasi,” tandasnya.

Kegiatan ini diijuti 30 orang generasi muda Desa Waimatan sebagai pewaris budaya dan adat istiadat setempat, kegiatan ini berlangsung efektif dan berpotensi membangkitkan rasa dan semangat generasi untuk mengetahui lebih dalam tentang Waimatan.

Komentar

Berita Terbaru