oleh

Polda Papua soal Kapolres Tolikara Dicopot: Itu Naik Jabatan

Jakarta, CNN Indonesia — Kepolisian Daerah Papua membenarkan Kapolres Tolikara diganti. Jabatan yang sebelumnya dipegang oleh Ajun Komisaris Besar Suroso itu kini berpindah ke tangan Ajun Komisaris Besar Musa Korwa.

“Beliau (AKBP Suroso) dipromosikan ke jabatan Irbidops (Inspektorat Bidang Operasi) Polda Papua, naik setingkat lebih tinggi dalam eselon jabatan,” kata Kabid Humas Polda Papua AKBP Patrige Renwarin kepada CNN Indonesia, Selasa (28/7)

Musa Korwa yang saat ini baru menjabat Kapolres Tolikara sebelumnya bertugas sebagai salah satu Kepala Sub-Direktorat Pengamanan Objek Vital Polda Papua.

Pergantian Kapolres Tolikara ini terjadi 10 hari usai kerusuhan merebak di wilayah itu pada Hari Raya Idul Fitri (17/7).

Senin (27/7), Mabes Polri pun membenarkan pergantian Kapolres Tolikara. Menurut Kepala Badan Reserse Kriminal Polri Komjen Budi Waseso, pergantian jabatan tersebut sudah lewat penilaian yang dilakukan Kapolda Papua Irjen Yotje Mende.

Pergantian tersebut, tegas Budi, telah dikaji matang dan tak mungkin dilakukan tanpa alasan.

Sampai saat ini Polda Papua masih terus menelusuri insiden kerusuhan di Distrik Karubaga, Tolikara, yang menyebabkan jemaah salat Id bubar, 12 orang tertembak senapan, dan sejumlah bangunan hangus dilalap api.

Saat ini Kepolisian masih terus memeriksa saksi-saksi untuk menentukan motif dua tersangka memprovokasi massa. Polda Papua telah memeriksa 68 saksi, dan akan memeriksa 4 saksi lagi Kamis pekan ini (30/7).(CNN)

Komentar