Home Daerah PN Kefamenanu Terbitkan Keterangan Bebas Pidana Cuma – Cuma

PN Kefamenanu Terbitkan Keterangan Bebas Pidana Cuma – Cuma

1075
0
SHARE
Foto : Yudith Taolin

KEFAMENANU, Terasntt.com — Dalam rangka pengangkatan PNS pada lingkup Akademisi, 100 lebih staf dan dosen Universitas Timor (Unimor) Kefamenanu, Kabupaten Timor Tengah Utara, NTT mendatangi kantor Pengadilan Negeri Kefamenanu. Kahadiran mereka untuk mengurus surat keterangan bebas pinda lima tahun keatas.

Pengurusan surat keterangan tersebut untuk melengkapi berkas Pengangkatan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di Universitas berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 10 Thaun 2016 Pasal 4 ayat (1) huruf g.

Ketua PN Kefamenanu, Darminto Hutaosit S.H, M.H kepada Terasntt.com, Senin (20/6/2016), membenarkan pelayanan menerbitkan surat bebas pidana selama 5 tahun ke atas sebanyak 100 lebih yang telah mengajukan sejak pekan lalu.

” Penerbitan surat keterangan ini secara cuma – cuma. Sehubungan dengan adanya perubahan status Unimor dikembalikan menjadi Badan Usaha Untuk Negara berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 10 tahun 2016 beberapa calon PNS telah mengajukan surat bebas pidana penjara selama 5 tahun ke atas di kantor kami. Total semuanya sekitar 100 lebih orang yang mengajukannya,” kata Hutasoit.

Ia juga meyakinkan, bahwa dalam kepengurusan surat untuk 100 lebih orang tersebut, tanpa dipungut biaya apapun.

” Dalam rangka Pilot Project Akreditasi Mahkamah Agung PN Kefamenanu, pengurusan surat bebas pidana sebagai syarat untuk menjadi seorang PNS tanpa pungutan biaya apapun, semua gratis kami layani”, lanjutnya.

Dalam penegakkan keadilan di kabupaten TTU, baik dalam perkara gugatan, pidana ataupun perdata, Hutasoit juga memberi kesempatan seluasnya kepada seluruh awak media untuk menjalankan fungsi kontrolnya.

Tak ingin berbasa basi, Hutasoit secara tegas meminta jika ada pelanggaran yang dibuat oleh anggotanya yang bisa berdampak pada nama baik lembaga, agar segera disampaikan padanya untuk ditindaklanjuti.

Untuk mengecek ada tidaknya keterlibatan para CPNS yang tersandung kasus pidana dengan ancaman pidana 5 tahun ke atas, PN Kefamenanu membuka kembali register dari tahun 2000 hingga tahun 2016 berjalan untuk menyesuaikan data apakah ada CPNS yang ada pernah tercatat sebagai terpidana atau terpenjara.

Dua orang perwakilan Universitas Timor, Gregorius Nato, SE bidang Akademik bagian Kemahasiswaan bersama Aplonia Pala, dosen Adiministrasi Negara (Fisipol) merasa sangat terbantu dengan pelayanan pihak PN Kefamenanu.
Bagi mereka, dulunya mengurus Surat Keterangan Kelakuan Baik hanya di Kantor Polisi. Namun sekarang harus di ada surat keterangam bebas pidana dari Pengadilan.

” Dulu kita urus surat kelakuan baik hanya di polisi saja, sekarang dari Pengadilan juga kita harus kantongi keterangan bebas pidana. Awalnya kami merasa direpotkan dan harus mengeluarkan biaya yang banyak untuk mengurus surat ke pengadilan. Tapi ternyata sampai disini, kami semua ada seratus orang lebih justru tidak mengeluarkan biaya sepeserpun. Urus surat disini nol biayanya, tanpa nilai rupiah. Kami sangat terbantu bukan saja dalam hal keuangan tapi pelayanan staf PN Kefamenanu luar biasa cepat. Hanya dalam waktu beberapa hari, persyaratan yang ditentukan itu telah kami dapat secara gratis,” ungkap Gregorius dan Aplonia.(dit)

Berikan Komentar Anda.