Home Daerah PLD Flotim Dibekali Komitmen dan Motivasi

PLD Flotim Dibekali Komitmen dan Motivasi

746
0
SHARE
Foto : Ivan Wuran

LARANTUKA, Terasntt.com — Tenaga Pendamping Lokal Desa (PLD) Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) mengikuti pembekalan komitmen dan motivasi. Kegiatan tersebut dalam rangka mensukseskan Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD).

Pembekalan yang berlangsung di Larantuka, Senin (13/11/2017) ini dibuka, koordinator Satker Dinas Pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa ( P3MD) Provinsi Nusa Tenggara Timur, Frans Sape.

Kegiatan tersebut dihadiri pula Tenaga Ahli (TA) Infrastruktur Desa, Petrus Riu dan Koordinator PDTT, Yohanes Gentana Tukan.

Dalam sambutannya, Frans menyampaikan bahwa Pendamping Lokal Desa sebagai penganti pendamping lokal yang mengundurkan diri, sehingga harus profesional, komitmen dan motivator.

Menurutnya NTT sendiri tenaga Pendamping Lokal Desa pengganti sebanyak 30 orang, sedangkan untuk Kabupaten Flores Timur sendiri ada 3 orang yang akan bertugas di Desa Riang Padu, Wolo, Dani Bao Kecamatan Adonara Barat, dan Ile Pati serta Kecamatan Solor Timur.

Lebih lanjut, ia menjelaskan pengetahuan seorang PLD harus lebih dinamis dan bisa masuk dalam segala lini, juga menjangkau dari segi ekonomi, hukum, sosial dan budaya karena berhubungan langsung dengan masyarakat desa. Rata rata PLD yang mengundurkan diri karena meminjam uang di desa tapi tidak mengembalikannya.

Untuk itu, lanjut Frans para PLD di larang mengunakan dana desa untuk kepentingan pribadi, harus bekerja bersama – sama kepala desa dalam pelatihan – pelatihan untuk meningkatkan SDM dan ekonomi masyarakat desa.

Lebih lanjut Ia mengatakan pembekalan ini secara keseluruhan akan di sampaikan saat pra tugas melalui materi dalam bentuk modul pelatihan (regulasi) yg di turunkan dari Pusat. Kurang lebih 10 Pokok bahasan yang setiap materi nya terdiri dari sub – sub pokok bahasan.

Pembiayaan pra tugas seluruhnya di tanggung oleh Kementriaan Desa dan PDTT. Pelatihan pra tugas di laksanakan selama 4 hari.

Sementara koordinator PDTT, Yohanes Gentana Tukan menginggatkan kepada para PLD agar serius bekerja, membuat laporan program, juga laporan pribadi, menempatkan diri dengan baik, menjaga etika berkomunikasi yang baik dengan masyarakat, kepala desa adalah rekan kerja, menjalin hubungan mitra yang baik dengan pemerintah desa dan tidak boleh terlibat aktivitas politik dan partai.(van)

Berikan Komentar Anda.