Home Daerah Peran Lurah Penting untuk Menjaga Kebersihan Pantai

Peran Lurah Penting untuk Menjaga Kebersihan Pantai

602
0
SHARE

Kupang, Terasntt.com — Kepala Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup  Kota Kupang, Obed Kadji mengatakan peran para Lurah begitu penting untuk mejaga kebersihan lingkungan, terutama di pesisir pantai.

” Peran Lurah sangat penting. Ia harus proaktif mendorong masyarakat agar selalu membuang sampah pada tempatnya. Juga menghimbau masyarakat agar jangan lagi membuang sampah di pesisir pantai,” kata Kadji di Balai Kota, Kamis, (1/2/2018).

Selain memberikan Himbauan, kata Kadji, lurah juga sebaiknya rutin melakukan sosialisasi kepada masyarakat, agar senantiasa menjaga kebersihan lingkungan.

Meski demikian, lanjutnya masalah utama tertumpuknya sampah di pantai adalah lemahnya kesadaran masyaakat dalam menjaga kebersihan lingkungan.

“Ya, kunci utama adalah kesadaran masyarakat itu sendiri,” tegasnya.

Menurut Kadji,  sampah yang tertumpuk di pantai, itu disebabkan karena kelakukan masyarakat yang sering membuang sampah ke sungai. Sehingga saat turun hujan, semua sampah itu akan terbawa banjir dan  menumpuk di bibir pantai.

Dijelaskannya, dalam upaya menangani sampah tersebut pihaknya rutin melakukan pengangkutan dengan mobil sampah mulai dari pukul 6.00 – 18.00 wita.

“Dalam penanganan sampah, khususnya pengangkuatan ini, kami hanya melakukan dari Tempat Pembuangan Sampah (TPS) ke TPA. Karena kami tidak bisa melakukan pengangkutan sampai dua atau tiga kali sehari, sebab kami kekurangan tenaga,” demikian kata Kadji. (raf)

Berikan Komentar Anda.